Tips Agar Anak Doyan Makan Part 2

 



Bismillah. Ini tulisan keduanya ya. Lanjutan dari tulisan sebelumnya yang berjudul, Bila Anak Susah Makan Part 1

1. Berdoa
Hal pertama yang harus kita ingat bila punya anak susah makan adalah, berdoa pastinya. Tak ada hal dimuka bumi bahkan daun yang jatuh،  kecuali atas kehendak Allah ya kan?

2. Makanan homemade. 
Lho? Kan katanya bubur instant juga bagus, sudah tertakar gizinya? Bagiku, orang punya pendapat apapun ya silahkan. Tapi ke anak sendiri tetap bubur atau makanan homemade.  Bubur instant boleh dipakai. Tapi dibatasi maksimal dua kali seminggu. Supaya Mama bisa me time juga ya kan?

3. Fokus
Ini penting juga ya. Pernahkah kita menelisik, apa yang kita lakukan saat anak makan? Apakah kita bolak balik? Duduk sambil nyetrika sementara anak disuruh makan? Main HP sambil nyuapin anak?
Nah.  Anak-anak itu peniru yang ulung. Ketika dia disuruh makan, maka orang yang menyuapi atau menemaninya, sebaiknya sedang makan juga. Bagaimana bisa dia tahu cara makan jika kita malah jalan kesana kemari nyuruh anak makan? Siapa yang dia tiru untuk makan? Sementara ibu atau ayah atau pengasuh, yang saat itu bersamanya, tidak makan? Kan dia bingung?

Kita beralasan bahwa kerjaan rumah yang tak ada habisnya, harus disambi. Karena itu ngasi makan anak ya, disambi. In case untuk membentuk pola makan anak, sebaiknya cara ini dihindari.

Alasannya ya, itu tadi. Ketika jam makan anak jadi prioritas, maka yang lain ditunda. Kenapa? Karena kita sedang melatih kebiasaan makan anak. Kebiasaan yang akan dia bawa sampai besar.

Kebiasaan makan yang baik, akan meningkatkan imunitas melawan virus. Terlebih di masa pandemi.

Jika memang konsisten, latihan ini tidak lama. Bisa seminggu. Bisa dua Minggu. Hasil di tiap anak beda-beda ya.

Tapi dampingi makan anak lama? Ayo kita coba, batasi jam makan anak, terutama balita, maksimal 30 menit. Siap tidak siap, diselesaikan.

4. Jangan makan sambil nonton TV atau HP.
Awal-awal, anak sangat mudah makan jika nonton TV/HP. Kita merasa itu aman saja dan kita senang ketika dia selalu mangap waktu disuap. Waktu berjalan dan dia melakukan makan, karena ada maunya. Makan supaya bisa diberi HP/TV. 

Kita akan kehilangan timing dimana anak makan dengan kesadaran penuh. Makan sambil interaksi dengan orang sekitar, bahkan dia tidak tahu rasa makanan. Beda antara ikan dan daging ayam, antara kangkung dan bayam. Yang penting mangap aja asal makanan masuk mulutnya, demi bisa nonton. 

Kita butuh anak dan kita makan tanpa gangguan. Kita saling interaksi satu sama lain. Kebiasaan makan bersama ini penting banget. Akan berlanjut sampai dia besar.

Kenapa anak remaja sekarang banyak yang kesepian? Karena mereka kehilangan bonding/ikatan dengan orangtuanya. Ada di antara kita yang, bahkan saat makan bersama keluarga, masih pegang HP. Jika kebiasaan itu turun ke anak, maka jangan salahkan anaknya. 

Dari awal, dari bayi, kita sudah membiasakan dia makan sambil nonton. Selagi anak masih kecil, akan lebih mudah membentuk kebiasaan makannya. Dimulai dari siapa? Dimulai dari ayah bundanya. 

Makan bersama termasuk salah satu waktu yang tepat untuk menciptakan bonding pada anak. 

Untuk part dua sekian dulu   ya. Akan  ada part tiganya . Walau kelihatan simpel, pelaksanaannya tak semudah teori. Tapi masih bisa diusahakan. 


Comments

  1. Terimakasih banyak untuk ilmu dan pengalamannya. Memang ya mengurus anak itu tidak mudah. Banyak teori tapi pengalaman dari setiap orang adalah guru berharga juga. Ditunggu bagian selanjutnya

    ReplyDelete
  2. Saya belum baca part 1 nya mbak, karena baru ikut BW pas part 2nya. Bicara masalah anak susah makan, saya juga mengalaminya. Anak kedua dan ketiga saya juga waktu usia pra dan sd agak susah makannya. Tapi dengan berjalannya waktu, anak kedua semakin baik, meningkat nafsu makannya. Sekarang alhamdulillah sudah ndoyani, kalau kata orang jawa. Yang masih pr anak ketiga. Semoga bisa berubah juga sama kayak kakaknya.

    ReplyDelete
  3. Saya baru baca part 2nya mbak, karena part 1 tidak ikut BW. Berbicara masalah anak susah makan, saya juga mengalaminya. Anak kedua dan ketiga, saat usia pra sekolah hingga sd. Alhamdulillah, sekarang anak kedua sudah meningkat nafsu makannya, seiring bertambahnya usia. Masih ada pr untuk anak ketiga, semoga bisa seperti kakaknya, nanti kalau sudah tambah besar, nafsu makannya semakin meningkat juga.

    ReplyDelete
  4. Anak susah makan memang bikin pusing orangtua ya terutama mamanya, untunglah 3 anakku termasuk doyan makan meskipun ada saat-saat tertentu jika sedang tidak enak badan ya susah makan juga tapi biasanya aku akali dengan memberikan makanan favorit mereka, kebetulan sejak kecil anak-anak sukanya makanan homemade.

    ReplyDelete
  5. Nah, ini dulu saya sempat agak terlewat, urusan makan dengan kesadaran penuh Mbak.. Usia anak pas TK, mulai sering makan sambil nonton huhuhu.. Sekarang sedang coba dikembalikan lagi agar mereka lebih banyak bersyukur dan menghargai makanan.

    ReplyDelete
  6. Biasanya yang jadi problem di anak saya tuh nomor 3 dan 4. Terjadinya pas masa balita, sih. Iya, kalau tidak fokus tuh malah bikin anak tidak "mindfulness" saat makan. Alhasil, jadi "disambi" agar anak tidak malas makan, gitu. Padahal gak betul caranya itu, ya.
    Wah, masih ada lanjutannya lagi? Sip nih.

    ReplyDelete
  7. Kebiasaan mengajarkan anak untuk mengenal makanan, penting banget nih. Sampaisekarang saya masih merasa gagal, la anak masih sulit untuk makan sayur. Semoga bisa menemukan pendekatan yang lebih baik. Saran di atas saya pakai, Mbak.

    ReplyDelete
  8. Thanks tips nya,, semoga bisa mempraktekkan

    ReplyDelete
  9. Salam kenal sebelumnya ya, Mbak🤗. Kembali ke topik, iya mbak distraksi² semacam yang disebutkan mbak diatas itu harus dihindari agar anak mau makan ya mbak salah satunya gadget. Memulai kebiasaan makan yang baik dari sekarang🤗

    ReplyDelete
  10. Poin nomor 3 dan 4 ini penting banget. Sering liat anak disuapi makan di depannya gawai. Sementara ortunya sibuk dengan gawainya sendiri.

    ReplyDelete
  11. Anak-anak itu peniru yang ulung yaa..
    Apa yang dilakukan orangtuanya, itu juga yang mereka lakukan. Dan Semoga dengan memberikan contoh yang baik, teladan yang santun akan adab makan, anak-anak bisa menjadi pribadi yang senantiasa bersyukur dengan apa yang ada di hadapannya.

    ReplyDelete
  12. Setuju mba...untuk konsumsi anak-anak sebaiknya memakan makanan home made. Walaupun bubur instan sudah tertakar gizinya tapi zat pengawetnya itu yang bikin serem efeknya

    ReplyDelete
  13. MasyaAllah pengingat nih untuk menjaga bonding dengan anak saat makan.

    ReplyDelete
  14. Wah iya, yang terakhir tu benar banget
    Anak kalau makan g boleh lihat gadget, biar fokus makan

    ReplyDelete
  15. sy jg dulu mba, wkt kecil sy tipe yg susah makan. Ortu saya sdh coba berbagai cara agar sy mau rajin makan

    ReplyDelete
  16. Membiasakan anak fokus makan itu memang sebaiknya dilakukan sejak mulai MPASI. Kalau udah terlanjur terbiasa makan sambil nonton tv/gadget kaya anak-anak saya susah banget mengubahnya.

    ReplyDelete
  17. Anak yang doyan makan nih pasti membuat mamanya bahagia ya mbak. Setuju nih pas makan membiasakan menjauhkan gadget itu bener banget ya mbak

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama. Untuk info bisa ke wa.me/+6287775640471

Popular posts from this blog

Sebuah Review Film Nussa Rara. Ketika kepercayaan Orangtua ke anak, Membuat anak jadi Bisa.

Resep Daun Ubi Tumbuk Khas Batak

Tips Belajar Baking untuk Pemula