Indari Mastuti : Penulis Harus Mau Belajar Bisnis

in , by Rizka Amita Ridwan, July 22, 2022

Indari Mastuti, Penulis Harus Mau Belajar Bisnis


Menjadi penulis tidak hanya menulis lalu buku terbit. Apalagi bagi ibu-ibu yang menulis di tengah kesibukan mengurus keluarga. Menulis bisa menjadi profesi utama sehingga membantu perekonomian keluarga. Tapi ada syaratnya, yaitu penulis harus mau belajar bisnis.


Suka Menulis sejak Kecil


Suka membaca sejak kelas empat SD, Indari Mastuti belajar menulis secara otodidak. Terlahir di keluarga miskin membuatnya tidak punya fasilitas pendukung. Namun karena sudah passion, didorong oleh cita cita dan dukungan keluarga, alhamdumillah Indscript Creative bisa besar seperti sekarang.


Walau suka menulis sejak kecil, honor menulis pertama justru didapatnya di tahun 1995 saat Indari duduk di kelas satu SMA. Indari Mastuti butuh waktu sepuluh tahun untuk mengasah kemampuan sampai menghasilkan. Apakah mimpi jadi penulis berhenti? Tentu tidak. Ini baru awal.


Indari mengaku suka menulis diari. Dalam diari dia menuliskan perasaan senang dan sedih. Dengan menulis diari juga Indari melatih kemampuannya menulis. Pada tahun 2004 Indari Mastuti menangkap peluang dengan menjadi penulis di sebuah indie publisher. Di sinilah titik awal Indari Mastuti bergabung dengan Kompas Gramedia pada tahun 2005. Pada tahun 2009 Indari Mastuti menulis biografi Pak Joko, owner Brownies Amanda. Hingga kini, Indscript Creative memosisikan diri sebagai "ahlinya penulisan biografi". 


Sebenarnya, tahun 2010 dan 2013 adalah tahun yang bersejarah. Pada 2010, IIDN dan IIDB berdiri. Kemudian pada tahun 2013, Sekolah Perempuan berdiri.  Pada tahun 2014, Indscript mengubah diri menjadi jasa, konsultasi, training, mentoring, dan penyedia job menulis, termasuk jasa copywriting dan nulis buku.

Sejak 8 September 2007 hingga 8 September 2022, Indscript berkembang pesat dengan misi melahirkan sebanyak mungkin penulis yang melek bisnis. 


Belajar Bisnis di Indscript

Di tahun 2022, Indscript berkembang menjadi all in one service copywriting. Dan ini sekaligus membuka peluang bagi siapa pun penulis yang serius untuk menjadi bagian dari Indscript creative sebagai : 

  • penulis konten website;

  • blogger reviu;

  • penyusun company profile;

  • pembuat konten media sosial;

  • penulis biografi;

  • ghostwriter;

  • outsource copywriter;

  • pendamping penulisan buku; dan

  • buzzer


Ada banyak sekali peluang cuan bagi penulis di Indscript. Namun, itu  hanya jika kamu mau belajar, mau berkembang, siap ditegur, dan bisa bekerja dalam tim.


Di Indiscript, kamu bisa memilih jumlah penghasilan yang diinginkan. Namun, kamu juga harus bekerja sesuai target yang kamu pasang sendiri. Orang dengan target satu juta rupiah sebulan, tentu beda kerjanya dengan orang yang punya target dua puluh juta rupiah sebulan. Apalagi kalau kamu tidak punya target. 


Di Indscript, penulis bisa dapat lebih dari sekedar uang. Penulis bisa dapat aura positif, harapan, dan keyakinan besar.


Sayangnya, saat ini Indari Mastuti kerap menemukan penulis yang tidak serius. Ingin menjadi penulis tapi malas membaca, malas scrolling, dan banyak alasan. Padahal, dibanding saat Indari Mastuti belajar menulis otodidak, penulis artikel di ODOA hanya harus rajin menulis sesuai deadline. 


Ada beberapa nama yang jadi andalan Teh Indari. Kiprah mereka berawal dari ODOA dan kini beroleh penghasilan dari Indscript. Salah satunya adalah Sarah Ismullah yang kini menjadi copywriter internasional. Awalnya, Sarah magang selama tiga bulan di Indscript, tanpa digaji. Namun, keseriusan Sarah membuatnya bisa berhasil dan memperoleh ilmu di Indscript. Ada juga Julie Nava, Hani, Umi Aleeya, dan Sari Agustia. Mereka bisa berhasil karena mereka serius.


Tips Menjadikan Menulis Sebagai Profesi

Menjalani suka duka menjadi penulis dan pebisnis, Indari Mastuti berbagi tips bagi teman-teman yang ingin menjadikan menulis sebagai profesi, yaitu:


  1. Bangun dan Bermimpi

Awali bangun pagi dengan bersyukur.  Kita hari ini adalah apa yang kita impikan di masa lalu. Mimpi yang besar,  yang baik-baik, agar hasil sesuai harapan.



  1. Berlatih tanpa Henti

ODOA adalah sarana berlatih bagi penulis. Jadi peserta ODOA tidak boleh malas. ODOA adalah jalan cepat untuk jadi penulis, asal kamu serius.



  1. Mencari Celah

Jika kamu menjadi bagian indscript, jangan cuma jadi blogger. Seperti para PJ yang awalnya tidak digaji, tapi mereka bisa mencari celah di bidang lain di Indiscript, akhirnya mereka beroleh penghasilan yang lumayan.


  1. Berani

Untuk menjadi penulis dan pebisnis, teman-teman harus berani keluar dari zona nyaman. Juga harus berani mencoba hal baru yang masih related dengan menulis.


  1. Bangun Portofolio

Portofolio adalah bekal saat klien ingin tahu kompetensi kita. Bangun dan selalu perbarui portofoliomu di Tribelio.


  1. Miliki Target yang jelas. Target adalah bahan bakar untuk bermimpi. Orang dengan target besar tentu kerja lebih cerdas daripada orang yang targetnya kecil.


  1. Libatkan Tim dan Tidak Bekerja Sendirian.

Hari ini, Indscript memiliki 14 PJ dengan spesialisasi masing-masing. Teh Indari tidak lagi menulis. Dia membuat skema dan memonitor pembagian tugas di antara para PJ. Kalau bekerja sendirian, belum tentu Indscript Creative bisa sebesar ini.


Bagaimana, teman-teman? Ada banyak hal yang kita dapat jika kita menjadi penulis sekaligus pebisnis. Mari kita praktikkan bersama!



 







SHARE 0 comments

Add your comment

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama. Untuk info bisa ke wa.me/+6287775640471

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting