Indari Mastuti: Menulis Bisa Jadi Profesi

in , by Rizka Amita Ridwan, July 23, 2022

Indari Mastuti: Menulis Bisa Jadi Profesi


Hari ini Indscript menjadi salah satu perusahaan all in one service copywriting yang ada di Indonesia. Indari Mastuti mendirikan Indscript Creative pada 2007 dengan anggota awal, dirinya sendiri. Tetapi semakin banyak datang tawaran menulis. Karena tidak bisa mengerjakan sendiri, Indari Mastuti merekrut penulis lain.

  1. Jatuh Bangun Indiscript

Indari mengaku suka menulis dalam diari. Di diari dia menuliskan perasaan senang dan sedih. Dalam diary juga Indari melatih kemampuannya menulis.


Pada tahun 2004 Indari menangkap peluang dengan menjadi penulis di sebuah indie publisher. Di sinilah titik awal Indari bergabung dengan Kompas Gramedia pada tahun 2005. Pada tahun 2014 Indscript mengubah diri menjadi jasa, konsultasi, training, mentoring, dan penyedia job menulis. Termasuk disini jasa copywriting dan jasa nulis buku.



Sebagai organisasi yang sudah berumur 15 tahun, tentu Indscript mengalami jatuh bangun. Tapi Indari Mastuti bukan orang yang suka mengeluh. Saat Indscript mengalami kesulitan di 2010, 2018, dan 2021, Indari Mastuti memilih bangkit bersama timnya. Dia tidak mengeluh atau menyalahkan situasi. Usaha boleh bangkrut tapi semangat jangan surut, katanya saat itu. Alhamdulillah akhirnya Indscript bisa berkembang seperti sekarang ini.




B. Tips Menulis jadi Profesi



Menjalani suka duka jadi penulis dan pebisnis,  Indari Mastuti berbagi tips bagi teman-teman yang ingin menjadikan menulis sebagai profesi, yaitu : 


  1. Bangun dan Bermimpi

Awali bangun pagi dengan bersyukur.  Kita hari ini adalah apa yang kita impikan di masa lalu. Mimpi yang besar,  yang baik-baik, agar hasil sesuai harapan.


  1. Latihan tanpa henti

ODOA adalah sarana latihan bagi penulis. Jadi peserta ODOA tidak boleh malas. ODOA adalah jalan cepat untuk jadi penulis, asal kamu serius.


  1. Cari celah

Jika sobat jadi bagian indscript, jangan cuma jadi blogger. Seperti para PJ yang awalnya tidak digaji, mereka bisa mencari celah di bidang lain di Indscript, akhirnya mereka beroleh penghasilan yang lumayan.


  1. Berani

Menjadi penulis dan pebisnis, teman-teman harus berani keluar dari zona nyaman. Juga harus berani mencoba hal baru yang masih related dengan menulis.


  1. Bangun Portofolio

Portofolio adalah bekal saat klien ingin tahu kompetensi kita. Bangun dan selalu update portofoliomu di Tribelio.


  1. Miliki target yang jelas

Target adalah bahan bakar untuk bermimpi. Orang dengan target besar tentu kerja lebih cerdas daripada orang yang targetnya kecil.


  1. Libatkan team.

Hari ini di Indscript ada 14 PJ dengan spesialisasi masing-masing. Indari Mastuti tidak lagi menulis. Tapi membuat skema dan memonitor pembagian tugas di antara PJ. 

Indari Mastuti juga mengingatkan kita untuk menjadi penulis dengan 'grow mindset'. Artinya penulis yang bisa kerja tim. Kalau kerja sendiri, belum tentu Indscrips Creative bisa sebesar ini.


Bagaimana teman-teman? Ada banyak hal yang kita dapat jika sebagai penulis kita juga pebisnis. Tips di atas perlu banget dilakukan jika kita ingin menulis sebagai profesi.


 






SHARE 0 comments

Add your comment

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama. Untuk info bisa ke wa.me/+6287775640471

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting