Benny Wullur. Dari Anak Nakal Jadi Anak Pintar

in , by Rizka Amita Ridwan, Agustus 01, 2022

Benny Wullur, Dari Anak Nakal jadi Anak Pintar 


Wanita itu terharu. Di depannya, anak yang dulu nakal, sering berantem, hampir tinggal kelas, kini berubah menjadi anak baik. Mau sekolah, bahkan menjadi salah satu lulusan cum laude dengan masa belajar 3,5 tahun. Bagian terpenting dari itu, sang anak mau menuruti nasehatnya.


Terbayang masa-masa sulit menyekolahkan Benny, dengan menjadi sales panci. Apakah suaminya ada? Ada! Tetapi sang suami sudah pensiun di usia 55 tahun, sementara Benny baru sembilan tahun. Mau tak mau dia dan suaminya berganti peran. Dia mencari nafkah, suaminya mengurus anak-anak.



  1. Si Jago Bela Diri yang Hampir Tinggal Kelas

Namanya Benny Wullur. Mengalami hidup pas-pasan sejak kecil, Benny sempat terobsesi pada Mike Tyson. Baginya, Mike Tyson yang jago tinju, dapat uang banyak setelah jadi juara dunia di usia 21 tahun.  Cita-cita itu bertahan selama sepuluh tahun sejak dia melihat Mike Tyson di TV. 


Bercita-cita jadi petinju, Benny Wullur justru berlatih taekwando. Sayang di ujian naik tingkat ke ban kuning strip 2, Benny sakit. Jadi dia ketinggalan. Lepas dari taekwando, Benny Wullur mulai berlatih judo di Jl Emong, Bandung. Tidak tertarik dengan judo, Benny muda kembali berhenti.


Kecanduannya pada olahraga bela diri masih ada ketika Benny Wullur SMA. Di kelas satu SMA, Benny belajar tiga cabang bela diri sekaligus yaitu jujitsu, kendo/anggar, dan silat. Berkat keaktifannya di tiga cabang olahraga sekaligus, Benny Wullur mempunyai banyak teman. Tapi aktif di olahraga membuat Benny lupa belajar. Peringkatnya nomor empat, dari belakang. Kala itu Benny Wullur terancam tinggal kelas! Benny dan ibunya dipanggil ke sekolah.


"Ben. Kalau kamu tinggal kelas, coba pikirkan perasaan Mamamu yang kerjanya sales," kata wali kelas kepada Benny. Benny Wullur ingat betul perkataan gurunya itu. Alhasil Benny belajar demi bisa naik kelas. Dia bisa naik kelas dengan nilai rata-rata enam. Begitu pun Benny bersyukur. Di kemudian hari, koneksi di bidang bela diri ini, menjadi circle pada profesinya sebagai pengacara  dan kurator dari Bandung.



  1. Dari Anak Nakal, Jadi Anak Pintar


Semua orangtua menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Demikian juga Ibu dari Benny Wullur yang sempat resah dengan kelakuan anaknya. Saking nakalnya, Benny dibawa ke Pastur untuk didoakan. Dua jam ia didoakan dengan bait yang panjang. Ibu Benny khawatir jika Benny terus nakal dan hobi berkelahi, bagaimana masa depannya?


Berkat doa dan dukungan Ibu, pelan-pelan Benny Wullur berubah. Benny terbayang, ibunya jungkir balik jadi sales panci. Jika dia tak berubah, pasti Ibu sedih. Memang ya, doa Ibu mujarab, membuat Benny Wullur berubah. Dia sampai di tahap mau kuliah dan menjadi baik. Benny ingin kuliah di kedokteran, tapi ekonomi keluarga tidak mendukung. Akhirnya pilihan Benny Wullur adalah jurusan hukum di salah satu universitas ternama di Bandung, Universitas Parahyangan. 


Ada satu moment di mana Benny Wullur bisa menambah penghasilan semasa kuliah. Yaitu dari Seni Pernapasan dan Penyembuhan Tenaga Prana. Kalau ada yang berhasil diobati, Benny mendapat Rp 200.000,-. Di masa kuliah ini juga, akhirnya Benny memilih fokus ke prana dan kendo saja. Di olahraga kendo, Benny menjadi pelatih dengan sabuk hitam termuda. 


Saat kuliah, obsesi Benny Wullur jadi petinju, muncul lagi. Tapi ibunya melarang dengan jawaban, "Selesaikan kuliahmu dulu. Nanti kalau sudah lulus, silakan jadi petinju." Di kemudian hari, Benny Wullur justru jadi Pengacara dari Bandung. Dia tak pernah menjadi petinju. 


Memang ya, nasehat Ibu is the best. Di jalur hukumlah, Benny Wullur berkembang menjadi ahli hukum sampai meraih S3.



  1. Awal Jadi Pengacara

Menjadi anak yang tidak gengsian, setamat kuliah, Benny menjadi tukang packing di toko alat kesehatan. Ibunya juga menjadi sales di sana. 


Seiring waktu, ada karyawan personalia mengundurkan diri. Dari sinilah perjalanan Benny Wullur sebagai praktisi hukum dan kurator, dimulai. 


Benny Wullur menggantikan posisi karyawan tersebut dan keluar dari bagian produksi ke bagian personalia. Benny juga melakukan perampingan untuk mengurangi penggelapan produksi pabrik oleh karyawan. 


Atas tindakan ini, owner pabrik alat kesehatan yang bernama Frans Leonardi, tertarik dengan kinerja Benny Wullur. "Karena kamu jujur, kamu saya kasih kesempatan menjadi direktur operasional. Dan saya ikutkan kamu ke workshop 'Dale Carnegie'.


Di tahun 2002, Benny sempat mengikuti pendidikan advokat PERADI dan lulus. Terobsesi oleh tokoh Juan Felix Tampubolon yang saat itu membela Pak Harto, niat Benny Wulur menjadi pengacara, semakin kuat. 


Ada satu peristiwa yang akhirnya mengangkat nama Benny Wullur. Jadi karena jam terbangnya masih rendah, Benny sempat dianggap sebagai pengacara yang tidak bisa memenangkan kasus. Tapi saat perusahaan tempat dia bekerja menghadapi masalah bangkrut, Benny Wullur bisa menyelesaikan. 


Hikmah dari peristiwa ini adalah, Benny diangkat menjadi karyawan tetap. Dia digaji penuh sekaligus bisa jadi pengacara.



  1. Pesan Benny Wullur agar Kita jadi Orang Luar Biasa.


Melihat perjalanan hidupnya yang naik turun, ada beberapa pesan dari Benny Wullur kepada kita semua, untuk berubah dari orang biasa, menjadi luar biasa. Yaitu:  


  1. Jangan berhenti belajar 

Sebagai Pengacara dan Kurator, Benny Wullur berusaha mempelajari dunia hukum. Walau tidak muda lagi, Benny mengatakan dunia hukum mengalami perubahan dinamis jadi kita harus belajar 


  1. Belajar lebih lengkap.

Kadang klien datang dengan beragam masalah. Disinilah Benny dituntut untuk belajar lebih lengkap.

Saat ini, Benny Wullur merancang sebagai berikut: 

  • Cara mempailitkan asuransi.

  • Proyek konsultasi hukum lewat zoom.

  • Spesialisasi untuk pengacara.


  1. Belajar dari Senior

Saat merintis karir, Benny Wullur tak segan datang ke kantor pengacara menawarkan jasanya, dengan bayaran 'terserah'.

Kantor pengacara mendapat orang dengan jasa dibayar murah, tapi Benny mendapatkan ilmu. 


  1. Materi itu terbagi dua.

Ada yang didapat saat bekerja, ada juga yang didapat saat belajar. Materi tak sekedar uang. Ada juga berupa ilmu, pengalaman, relasi. Jadi jangan risau ketika materi yang kamu dapat bukan uang.


  1. Harus bisa menempatkan diri. 

Saat ada kelebihan, kita jangan merasa pintar. Kita harus mau belajar mengakui kelebihan orang juga.


  1. Jenius adalah senang, happy.

Kejeniusan itu muncul di bidang tertentu. Salah satu ciri jenius menurut Benny Wullur adalah, kita senang mempelajarinya. Walau sulit kita tetap punya energi untuk belajar, karena kita happy.


  1. Pengacara tidak boleh 'kere'.

Sebagai manusia, kita harus punya 'sense of business'. Tapi bagi Benny Wullur, pengacara juga harus punya sumber pemasukan lain semisal wirausaha, investasi di kos, dan bisnis lainnya. Jika kita berkecukupan, membuat jiwa sosial kita tumbuh.  Karena punya rezeki yang berlebih, saat ini Benny Wullur juga menyekolahkan anak-anak yang tidak mampu. 


  1. Jangan buat orang jadi susah.

Di Firma Benny Wullur mengutamakan 'service excellent'. Benny tak selalu bicara cuan. Kadang ada konsumen yang tak bisa membayar, dia ikhlaskan. Tapi ada juga klien yang dulu tak bisa bayar, membayarnya di kemudian hari.

Di saat yang sama juga, di Firma Hukum Benny, klien dibuat untuk penyelesaian masalah cepat tidak bertele-tele. 


  1. Harus mau dikritik.

Kita harus 'open minded'.

Jika ingin menjadi luar biasa maka kita harus mau dikritik. Jangan menutup diri dari kritik, walau dari anak buah.


  1. Belajar karena kebutuhan. 

Apapun ilmu yang terkait dengan passion kita, yuk pelajari. Jadikan belajar sebagai kebutuhan. Belajar dari pengalaman orang, dan belajar dari buku.

Di Firma Hukum Benny Wullur, satu konsultan bisa menguasai Undang-undang Perburuhan, HAKI,  dan ahli hukum pasar modal. Hari ini klien tidak butuh satu konsultan saja. Dengan datang ke satu konsultan yang menguasai sampai tiga Undang-Undang, klien bisa hemat waktu dan biaya.


  1. Keluar dari pemikiran rata-rata.

Sebenarnya inilah langkah awal dari 10 langkah menjadi pribadi luar biasa.

Seseorang harus keluar dari pemikiran rata-rata agar dia bisa berubah dari pribadi biasa, menjadi luar biasa.


Demikianlah Tips dari Benny Wullur, agar kita berani melangkah, dari orang biasa menjadi luar biasa. Ketika kita menjadi luar biasa, yakinlah lingkungan kita juga dapat manfaatnya.



Untuk Ayah Bunda yang hari ini punya anak nakal, tetap semangat ya. Akan ada masanya anak berubah. Seperti kita dulu yang pernah nakal. Akan ada masanya anak bosan menjadi nakal. Akan ada masanya anak-anak sadar bahwa dia harus bertanggungjawab, harus belajar. Seperti Benny Wullur, ahli hukum sekaligus kurator dari Bandung.



Sebelas tips atas, berharga sekali untuk dilewatkan. Bagi kita yang hari ini masih biasa, yuk terapkan tips di atas agar kita jadi luar biasa.









 









SHARE 18 comments

Add your comment

  1. Perkataan Ibu itu adalah doa ya, Mbak. Maka hati² kalau berkata. Anak nakal belum tentu nakal terus²an, mungkin ada masanya dia akan berubah. Intinya keluarga dan lingkungan bisa mempengaruhinya

    BalasHapus
  2. Luar biasa, ya, Bro Benny Wullur prinsipnya memang harus ditiru biar kita kecipratan sukses juga, ya, mba. Aamiin

    BalasHapus
  3. Wah takjub sama perjuangannya yang bener-bener dari bawah sampai akhirnya bisa ke tingkat sukses yang sekarang. Kerja keras, keberuntungan dan doa orang tuanya berkolaborasi menghasilkan pencapaian yang patut jadi inspirasi banyak orang..

    BalasHapus
  4. setiap anak adalah bintang dengan caranya masing-masing ya mbak, tugas orang tua mengarahkan dan mendoakan yang terbaik untuk anaknya

    BalasHapus
  5. Doa ibu yang membawa kesuksesan anak. Memang ya jadi pengacara nggam boleh kere. Harus punya usaga sampingan

    BalasHapus
  6. Masya Allah pesan dari Pak Benny Wulur ini luar biasa. Semoga kita mampu bekerja keras dan mendidik anak menjadi anak yang taat pada orang tuanya. Gigih dan nurut sama orang tua, paling penting di masa sekarang adalah kejujuran.

    BalasHapus
  7. Perjuangan seorang ibu yang luar biasa yang senantiasa mendoakan yg baik2 u/ anakny, menginspirasi....keren, terimakasih...

    BalasHapus
  8. Omg, aku ternganga melihat rentetan gelarnya
    Sangat suka belajar sekali ya beliau ini
    Inspiratif banget

    BalasHapus
  9. Memang dalam menggapai cita-cita butuh perjuangan. Usaha, kerja keras, dan doa orangtua menjadi hal yang utama

    BalasHapus
  10. Benar-benar jadi pelajaran berharga buat saya yang memiloki anak laki-laki .

    BalasHapus
  11. Benar -benar menginspirasi banget mba.. makasih ya sharing

    BalasHapus
  12. Orang kalau memang niat berubah memang bisa berubah ya jadi baik dan positif. Pastinya dia juga berjuang dan gak mudah apalagi matahin stigma negatif yangnbiasanya melekat pada anak yang dicap nakal.

    BalasHapus
  13. Inilah alasannya sebagai orang tua atau guru sebenarnya tidak boleh menjudge anak itu bodoh atau pintar. Tiap anak pasti punya keunikan dan kelebihan di bidang tertentu, ngga melulu akademik aja

    BalasHapus
  14. Ini pentingnya peran Ibu dalam pengasuhan yaa..
    Dan lingkungan yang positif sehingga meski memiliki cita-cita non akademik, namun tidak serta merta meninggalkan potensi akademiknya.
    Sehingga ke depannya sema dapat berjalan beriringan.

    BalasHapus
  15. Allhamdulilah ya mba kebanyaka. Orang sukses dulunya bandel ya kalau aku baca beberapa kisahnya. Mas Benn ini juga luar biasa banyak pengalaman yang bisa kita jadikan pelajaran

    BalasHapus
  16. Salfok sama gelar dan sertifikasi yang diambil sama pak Benny Wulur ini. Trus penasaran juga sama pekerjaan kuratornya. Maksudnya kurator seni gitu ya, mbak?

    BalasHapus
  17. Namanya anak-anak pasti ada masa-masa nakalnya, masa-masa bandel dan susah diarahkan. Terkadang bukan karena mereka nakal, tapi karena ingin dan minatnya mereka belum sealur dengan harapan orang tua atau orang dewasa yang ada di sekelilingnya.

    BalasHapus
  18. bener banget, kita ortu harus sabar dengan anak. karena secara bertahap anak akan berubah psikologis, sifat dan tabiatnya. asal kita terus sabar mengajarkan nilai2 kebaikan dan berdoa untuk mereka serta memberikan pendidikan yang baik.

    BalasHapus

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama.

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting