Indari Mastuti: Tips Menjadi Perempuan Energik yang Antusias

in , by Rizka Amita Ridwan, August 02, 2022

Indari Mastuti: Tips Menjadi Perempuan Energik yang Antusias


Menjadi Perempuan di zaman sekarang punya tantangan sendiri. Perempuan dituntut untuk multitasking. Tak cuma mengurus keluarga, perempuan juga mesti berperan, sedikit atau banyak, di lingkungan. 


Yang jadi masalah, banyak kita temui, perempuan yang suka mengeluh. Sebentar-sebentar mengeluh. Yang dikeluhkan pun, sebenarnya bukan hal berat. Tapi lihat postingan-nya, kesehariannya, selalu mengeluh. Iya, boleh sesekali mengeluh, tapi jangan sering-sering. Itupun harus bisa dibedakan, mana curhat, mana aib sendiri. Tak perlu semua diumbar. 


Berkebalikan dari mengeluh, ada yang namanya antusias. Menurut KBBI, arti kata antusias adalah, bergairah, bersemangat.


Kata antusias disini bermakna positif. Jika dikaitkan dengan posisi kita sebagai perempuan, perempuan itu harus antusias. Tapi, yang namanya antusias itu tidak tumbuh sendiri. Dia ditumbuhkan. Dia tidak default ada dari lahir.




  1. Pertemuan Indari Mastuti dengan Ibu Athalia, membawa buku Eril

Menurut Indari Mastuti, founder Indscript Creative, hidup ini dimulai dari impian kita. Mimpilah yang baik-baik. Supaya, atas izin Allah,  terjadi hal baik. 


Dulu Indscript Creative berawal dari cita-cita Teh Indari, menjadi penulis dan pengusaha, dari rumah. Jujur, beliau tak menyangka Indscript bisa sebesar ini. 


Mengelola beberapa komunitas, mulai dari Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN), Ibu-ibu Doyan Bisnis (IIDB), grup Whatsapp penulis, bikin kelas, bikin konten, Indari mengaku bisa menjalankan semuanya,  berkat kerja tim. Kalau tanpa tim, beliau mengaku akan sulit. 


Begitupun, tim Indari Mastuti juga bukan orang biasa. Mereka adalah perempuan-perempuan energik yang antusias dan mau bekerja cepat. Kenapa harus cepat? Karena di tahun ini, Indari fokus untuk memperluas jaringan sehingga dibutuhkan kesigapan dari anggota tim.


Kebetulan saat itu, Ibu Vivi dari Larasatie mengajak Teh Indari untuk membawakan 100 eksemplar buku Eril yang berjudul, 'Dear A'Eril' kepada Ibu Cinta. Ditengah kesibukannya, Teh Indari ingin berkunjung bertemu Ibu Athalia. Alhamdulillah pertemuan berjalan lancar. Teh Indari sampai terharu dan memeluk Ibu Athalia. 



Semasa hidupnya, Eril adalah anak muda yang inspiratif. Buku catatan kisah Eril ini, rencananya akan dibagikan gratis ke sekolah-sekolah, penziarah makam, perpustakaan, dan di kegiatan Ibu Athalia. 


Teman-teman bisa ikut berperan dengan membelinya, bisa untuk diri sendiri, bisa juga dibagikan ke orang lain.



  1. Tips Menjadi Perempuan Energik yang Antusias.

Buku Eril adalah contoh salah satu karya yang dihasilkan oleh keantusiasan. 



Indari Mastuti membagikan tips 'Menjadi Perempuan Energik yang Antusias', yaitu :


  1. Bersyukur

Bersyukur dimulai setiap kita bangun pagi. 


  1. Ibadah dan Olahraga

Dengan ibadah, hati menjadi tenang. Dengan olahraga, badan jadi sehat. Olahraga bisa dilakukan kapanpun. Kadang Indari Mastuti berolahraga sepeda statis disela-sela isi webinar.


  1. Kerja tim

Sebagai manusia, kita tak bisa melakukan semuanya sendiri. Dengan ada tim, kita bisa mendelegasikan tugas. Misalnya tim mengatur jadwal, menyiapkan kelas, mengundang orang, Indari jadi mentornya. Kadang Indari Mastuti mendelegasikan tugas sebagai mentor, kepada anggota tim.


  1. Kerja ala Sangkuriang

Disebut kerja Sangkuriang, karena menyelesaikan banyak hal dalam waktu terbatas. Tapi jadwal seperti ini tidak sering. Sesekali.


  1. Sigap

Ketika ada tugas, langsung dikerjakan. Ada ide, langsung eksekusi. Jangan jadi kaum mepet. #Mimin jadi merasa, xixixi.


  1. Improve

Menjadi perempuan energik berarti mau improve, mau belajar, mau berkembang. Walau untuk improve kadang sakit. Salah, ditegur, tetap maju, jangan mundur. Itu namanya resiko belajar. Orang yang mau maju harus siap dengan resiko belajar. 


  1. Bermimpi Besar

Perempuan energik yang antusias, harus  bermimpi besar. Mimpi yang dikerjakan. Bukan mimpi yang diangankan. Mimpi baik yang dikerjakan, adalah energi untuk bergerak. 


  1. Menginspirasi

Hari ini, sebagian besar perempuan Indonesia berhadapan dengqn masalah KDRT, ekonomi, dan isu Mental Health. Kita harus bisa menjadi energi positif untuk perempuan yang ada di circle kita.


  1. Ujian datang? Tetap semangat.

Membangun Indscript dari nol, Indari Mastuti mengalami pasang surut terutama di tahun 2010, 2018, dan 2021. Indari Mastuti berkata, "Bisnis boleh bangkrut. Tapi semangat jangan ikut bangkrut."

Tiap semangatnya turun, Indari berusaha mengingat, ada ibu ibu yang butuh semangat untuk jualan demi bayar SPP anak, beli susu, dan kebutuhan lainnya. Disini beliau kembali menumbuhkan energi antusiasnya. 

Jika ada masalah, jangan biarkan masalah menyedot energimu. Kamu yang mengatur masalah. Bukan masalah yang mengatur kamu.


  1. Bertemu orang-orang positif.

Bertemu dengan orang-orang positif juga menambah stok energi positif kita.


  1. Sukses tidak terbatas usia.

Walau sudah berumur, semua orang bisa sukses asal mau belajar, mau berkembang, dan siap dengan teguran. Tidak ada jalan mulus menuju sukses. Semua perlu perjuangan. 


Bagaimana teman-teman? Yuk, terapkan 11 tips di atas agar kita menjadi Perempuan Energik yang selalu antusias.












SHARE 0 comments

Add your comment

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama. Untuk info bisa ke wa.me/+6287775640471

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting