Kisah Eril yang Menginspirasi

in , by Rizka Amita Ridwan, August 10, 2022


  1. Kisah Eril

Saat seorang anak bernama Emmeril Kahn Mumtadz telah pergi. Seluruh Indonesia berduka. Bagaimana tidak? Pemuda inspiratif itu meninggalkan jejak kebaikan yang tak biasa. Eril suka bersedekah diam-diam, sesuatu yang amat sulit dilakukan di zaman ini.


Terinspirasi oleh hal itu pula, maka Indari Mastuti bersama teman-teman dari Indiscript, berusaha menghimpun jejak Eril semasa hidupnya, baik yang pernah bertemu Eril, maupun yang hanya mengenal Eril, setelah ia pergi. Bukunya berjudul, Dear A Eril




B. Perempuan Energik Selalu Antusias

Buku Eril, adalah salah satu contoh karya yang menginspirasi. Hanya orang-orang dengan energi positif, yang bisa menginspirasi. Buku ini ditulis oleh Indari Mastuti dan penulis lainnya. 


Kali ini Indari Mastuti, ingin sharing seputar tips menjadi perempuan energik yang antusias. 


Setiap kita memulai hari dengan bersyukur. Hidup ini dimulai dari mimpi. Bukan mimpi yang diangankan. Tapi mimpi yang dikerjakan. Apalagi jika mimpi itu adalah passion kita. Sulit pun, dengan izin Tuhan, bisa kita lewati. 


Indari Mastuti dalam kesehariannya, dibantu oleh tim yang sigap. Siapa yang mau jadi anggota timnya, harus kerja sigap,  mau belajar, siap berkembang, dan bermimpi besar. Karena jika tidak memiliki sikap ini, akan sulit berkembang.


Lalu apa tips dari Teh Indari bagi kita semua, agar menjadi perempuan energik yang antusias? Sehingga kita bisa wujudkan mimpi? Mari kita simak.




  1. Bersyukur

Bersyukur dimulai setiap kita bangun pagi. 


  1. Ibadah dan Olahraga

Dengan ibadah, hati menjadi tenang. Dengan olahraga, badan jadi sehat. Olahraga bisa dilakukan kapanpun. Kadang Teh Indari berolahraga naik sepeda statis disela-sela isi webinar.


  1. Kerja tim

Sebagai manusia, kita tak bisa melakukan semuanya sendiri. Dengan tim, kita bisa mendelegasikan tugas. Misalnya tim mengatur jadwal, menyiapkan kelas, mengundang orang, Indari jadi mentornya. Kadang Indari Mastuti mendelegasikan tugas sebagai mentor, kepada anggota tim.


  1. Kerja ala Sangkuriang

Disebut kerja Sangkuriang, karena menyelesaikan banyak hal dalam waktu terbatas. Tapi jadwal seperti ini tidak sering. Sesekali saja.


  1. Sigap

Ketika ada tugas, langsung dikerjakan. Ada ide, langsung eksekusi. Jangan jadi kaum mepet. #mimin jadi merasa, xixixi.


  1. Improve

Menjadi perempuan energik berarti mau improve, mau belajar, mau berkembang. Walau untuk improve kadang sakit. Salah, ditegur, tetap maju, jangan mundur. Itu namanya resiko belajar. Orang yang mau maju harus siap dengan resiko belajar. 


  1. Bermimpi Besar

Perempuan energik yang antusias, harus  bermimpi besar. Mimpi yang dikerjakan. Bukan mimpi yang diangankan. Mimpi baik yang dikerjakan, adalah energi untuk bergerak. 


  1. Menginspirasi

Hari ini, sebagian besar perempuan Indonesia berhadapan dengqn masalah KDRT, ekonomi, dan isu Mental Health. Kita harus bisa menjadi energi positif untuk perempuan yang ada di circle kita.


  1. Tetap semangat saat Ujian.

Membangun Indiscript dari 0, Teh Indari mengalami pasang surut terutama di tahun 2010, 2018, dan 2021. Teh Indari berkata, "Bisnis boleh bangkrut. Tapi semangat tak bangkrut."

Tiap semangatnya turun, Teh Indari berusaha mengingat, ada ibu-ibu yang butuh semangat untuk jualan, demi bayar SPP anak, beli susu, dan kebutuhan lainnya. Di sini beliau kembali menumbuhkan energi antusiasnya. 


Jika ada masalah, jangan biarkan masalah menyedot energimu. Kamu yang mengatur masalah. Bukan masalah yang mengatur kamu.


  1. Bertemu orang-orang positif.

Bertemu dengan orang-orang positif juga menambah stok energi positif kita.


  1. Sukses tidak terbatas usia.

Walau sudah berumur, semua bisa sukses asal mau belajar dan siap jatuh. Tidak ada jalan mulus menuju sukses. Semua perlu perjuangan. 


Tips di atas sudah teruji. Diterapkan Teh Indari selama beliau merintis bisnis Indiscript Creative.


B. Buku Eril


Semasa hidupnya, Eril adalah anak muda yang inspiratif. Buku catatan kisah Eril ini, rencananya akan dibagikan gratis ke sekolah-sekolah, penziarah makam, perpustakaan, dan di kegiatan Ibu Athalia. 


Teman-teman bisa ikut berperan dengan membelinya, bisa untuk diri sendiri, bisa juga dibagikan ke orang lain.






SHARE 17 comments

Add your comment

  1. MashaAllah~
    Teh Indari yang sangat menginspirasi sudah menyelesaikan sebuah buku untuk mengenang segala jejak kehidupan aa Eril dan ini bisa menjadi jariyah untuk beliau sebagai contoh baik yang harus diteladani bersama.

    ReplyDelete
  2. Kisah Eril ini memang menyentuh hati banyak orang ya Mbak. Siapa yang sangka ternyata bekal amal perbuatan dan kebaikannya selama hidup ternyata berlimpah. Salut juga dengan penulis buku yang bisa mengabadikan kisahnya.

    ReplyDelete
  3. Teh Indari sosok perempuan dengan jiwa pejuang ya, Mbak. Kerja keras dan kerja cerdasnya begitu menginspirasi banyak orang terutama untuk para perempuan.

    Kalau boleh tahu bukunya itu harganya berapa, Mbak?

    ReplyDelete
  4. Meski tidak kenal tapi Masya Allah salut sama Eril rahimahullah

    ReplyDelete
  5. Ya Allah banyak hal yang saya pelajari dari kisah Eril ini... betapa besar hati orang tuanya

    ReplyDelete
  6. Keren Mba. Sosok Eril yang tadinya tidak terlihat, karena jutaan kebaikan yang dia lakukan Allah balas di dunia dg doa kebaikan dari jutaan manusia di bumi. Dari yg kenal maupun yg tidak dikenal sama sekali.

    ReplyDelete
  7. Masya Allah Tabarakallah...binggah senang rasanya mendapati anak seperti a Eril ini insyaallah Khusnul khatimah

    ReplyDelete
  8. Ternyata sudah ada bukunya ya.. Baru tahu nih.. Memang buku adalah jejak yg tak kenal usia.. Dengan diluncurkannya buku ini, kita bisa lebih mengenang siapa sosok Eril, dan tentunya banyak ilmu yg bisa kita contoh dr sebuah buku ini..

    ReplyDelete
  9. MasyaAllah tabarakAllah, mba Indari Mastuti ini founder IIDN kak ya? Luar biasa sekali energi positifnya untuk berbagi dan berkarya

    ReplyDelete
  10. Wah iya, luar biasa ya Ada Eril ini
    Semoga Husnul khatimah
    Anak muda yang menginspirasi

    ReplyDelete
  11. Speechless Teh Indari Mastuti dan penulis lainnya punya ide bikin buku catatan kisah Eril ini, apalagi nantinya dibagikan gratis ke sekolah-sekolah, penziarah makam, perpustakaan, dan di kegiatan Ibu Athalia. Salut!

    ReplyDelete
  12. Banyak yang bisa diambil pelajaran dari kejadian Eril kemarin. Semoga kita bisa meneladani Eril

    ReplyDelete
  13. Semoga buku tentang Eril ini bisa menginspirasi anak-anak muda ya. Gak banyak gaya, gak banyak umbar, tapi ternyata satsetsatset berbuat baik di kehidupan.

    ReplyDelete
  14. Eril menginspirasi ya baik saat masih hidup dan saat ini yang sudah berpulang, banyak hikmah yang bisa dipetik dari kisahnya

    ReplyDelete
  15. Salut dengan kesigapan Teh Indari menulis tentang kisah hidup Eril. Jadi penyemangat anak muda untuk tak lelah melakukan kebaikan di dalam hidupnya.

    ReplyDelete
  16. Sungguh, saya tidak sebegitu kenal dg sosok eril. Tetapi saat kabar sepeninggal nya eril, banyak sekali kebaikan kebaikan dan hal positif yang terkuak dari sisi eril. Semoga bisa menginspirasi anak muda

    ReplyDelete
  17. Aku juga tim suka mepet deadline (jadi malu hiks).

    Banyak hal yang bisa kita contoh dari Eril. Masih muda, tapi dia sudah melakukan banyak hal demi keluarga dan orang lain

    ReplyDelete

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama. Untuk info bisa ke wa.me/+6287775640471

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting