Cara Daftar Haji Online 2022

in , by Rizka Amita Ridwan, September 28, 2022

 A. Latar Belakang 

Bisa naik haji adalah impian semua muslim dan muslimah. Alhamdulillah pertengahan tahun lalu kami ada rezeki untuk mendaftar haji reguler. Tapi ktp kami masih Medan dan domisili kami Bekasi. 


Terpikir untuk mendaftar saat mudik lebaran di kampung halaman. Tetapi harus menunggu lama. Sementara antrian haji terus bertambah. Akhirnya aku dan suami mencari solusi pendaftaran online. Tanya teman-temanku, mereka jawab, daftar haji harus datang ke kantor kemenag sesuai domisili. Hal ini terasa berat karena jika aku dan suami pulang kampung maka biaya bertambah. Harus beli tiket pesawat. Otomatis anak-anak juga ikut. Cari info terus, Alhamdulillah kami bisa daftar haji online 2022 tanpa harus mudik. Sudah dapat nomor porsi haji juga, dari aplikasi Haji Pintar.


Sumber foto: Indonesiabaik.id


Aplikasi Haji Pintar adalah layanan berbasis digital dari Kementerian Agama Indonesia untuk mempermudah calon jamaah dalam melaksanakan ibadah haji. Dengan aplikasi Haji Pintar, calon jamaah bisa mendaftar dan mengetahui perkembangan informasi haji, kapanpun dimanapun. 



B. Cara Daftar Online Haji 2022 di Aplikasi Haji Pintar


Satu keunggulan aplikasi ini adalah, calon jamaah bisa mendaftar haji dari luar daerah  KTP. Hal inilah yang baru kami (aku dan suami) lakukan. Mensiasati agar tidak antri, kami datang di hari Senin pagi jam 07.30 sudah sampai ke bank. Adapun caranya adalah : 


  1. Buka rekening haji di bank terdekat (rekening aku BSI)

Untuk pembukaan rekening harus datang ke bank sesuai nama yang didaftarkan ya. Tidak boleh diwakilkan. Uang muka per satu orang untuk haji reguler adalah 25 juta rupiah. Dulu, setelah calon jamaah setor uang ke bank, maka jamaah harus bawa bukti setor ke departemen agama, untuk dapat nomor porsi. Sekarang tidak begitu. Cukup datang saat buka rekening. 


  1. Siapkan dokumen asli yang dibutuhkan.

Dokumen penting seperti KTP, KK, dan Buku Nikah. 


  1. Dapat buku tabungan

Setelah CS Bank menerima uang (via transfer) dan dokumen kami, kami dapat nomor validasi yang nantinya akan di input ke aplikasi Haji Pintar. Di sini, sudah selesai urusan dengan pihak bank. 



Sumber foto: dokumentasi pribadi


  1. Nomor validasi di input  sendiri ke aplikasi Haji Pintar.

Sobat rumahami bisa langsung buka aplikasi Haji Pintar. Sobat perlu juga menyiapkan foto yang diambil secara real time. Tutorialnya pengisian mudah sekali, bisa dilihat di Aplikasi Haji Pintar. Jika sobat merasa cara pakai aplikasi ini sulit, bisa minta tolong ke anak atau ponakan yang masih remaja. 


  1. Perlu waktu satu hari untuk dapat nomor porsi haji. 

Nomor porsi adalah nomor antrian untuk perkiraan berangkat calon jamaah haji.

Walau keberangkatan masih lama, tidak masalah. Yang penting sudah daftar. Insyaa Allah niat sudah dicatat. Selebihnya kuasa Allah. Semoga kita semua bisa berhaji lebih cepat. 


Gampang bukan, daftar haji secara online 2022? Bisa dilakukan kapanpun dimanapun. Tidak harus pulang kampung untuk daftar haji. Selagi ada umur, ada rezeki, ayo daftar haji. 









SHARE 13 comments

Add your comment

  1. MasyaAllah semakin mudah daftar haji dengan cara online. Semoga cita-cita untuk ke Baitullah dapat segera diwujudkan

    BalasHapus
  2. Terimakasih, kak..
    Selama ini aku cek kursi melalui web, tapi karena ada info dari kak Rizka, aku coba instal Aplikasi Haji Pintar agar lebih update mengenai kursi haji ini. Kemarin seharusnya kami dapat di tahun 2024, tapi karena pandemi, semoga gak mundur jauh-jauh yaa..

    BalasHapus
  3. Ayah iya, sekarang semuanya bisa dilakukan secara online ya mbak
    Termasuk mendaftar haji
    Semoga bisa disetarakan untuk berhaji

    BalasHapus
  4. ma syaa Allah terimakasih infonya, karena lagi cari info-info tentang pendaftaran haji ini mbak, awalnya mau pakai muamalat tapi sepertinya tanya tanya ke bsi hihi

    BalasHapus
  5. semakin mudah ya untuk mendaftar haji, sudah ada aplikasinya yang mendukung ibadah yang termasuk rukun Islan yang kelima ini, smeoga dimudahkan untuk menunaikannya

    BalasHapus
  6. Tapi sayangnya kita masih lama antri. Makin lama daftar makin lama antrinya.. semoga dimudahkan segala urusan kita

    BalasHapus
  7. Aih, ada ya sekarang aplikasi daftar haji online. Semakin mempermudah proses pendaftaran haji dong. Selain kemudahan mendaftar semoga juga semoga daftar tunggunya bisa menjadi lebih singkat. Semoga kuotanya semakin bertambah. Amin.

    BalasHapus
  8. Wah sekarang daftar haji pun bisa online yaa mba, masyaAllah luar biasaa dehh manfaatnya inii BSI

    BalasHapus
  9. Wah, bermanfaat banget aplikasi Haji Pintar ini ya, Mbak. Membantu banget buat para perantau yang kesulitan mendaftar haji di tempat asal, sementara agenda kegiatan harian cukup padat dan sulit ditinggalkan.

    BalasHapus
  10. wah daftar haji skrg gampang ya. tp utk daftar tunggu hajinya lama ga?

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah sekarang mau menunaikan ibadah haji dipermudah, gak berbelit bisa pakai aplikasi semuanya beres.

    BalasHapus
  12. MasyaAllah jadi pengen nyoba, bisa buat tabungan umroh juga ga mba?

    BalasHapus
  13. Masyaallah sekarang daftar haji jadi mudah banget ya mbak. Aku dulu juga datang langsung ke kemenag. Ternyata sekrang bisa online saja dan cepat

    BalasHapus

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama.

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting