Tips Menyusui Bayi Baru Lahir

in , by Rizka Amita Ridwan, September 27, 2022


Bisa menyusui adalah impian semua ibu. Tetapi impian ini tidak semudah membuka kancing baju. Walau banyak teori mengatakan bahwa ASI adalah yang terbaik, faktanya tidak semua bayi baru lahir mendapat ASI.


Mengutip dari Republika.co.id, persentase menunjukkan bahwa jumlah bayi ASI eksklusif di 2022 justru menurun.


Hal ini diungkapkan oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Brian Sri Pahastati. Brian mengatakan di 2018 sekitar 68,7 % bayi mendapat ASI eksklusif. Di 2019 menjadi 65,8 %, dan menurun menjadi 52,5 % di tahun 2021.

Semoga tren penurunan ini tidak berlanjut ya. Karena ASI adalah hak semua bayi dan termasuk komponen utama 1000 hari periode emas kehidupan manusia.


Alhamdulillah anak-anak dari rumahami mendapat ASI eksklusif setelah sebelumnya sempat relaktasi. Alhamdulillah juga efek dari ASI eksklusif itu terasa sampai sekarang. Mereka sehat, jarang sakit. Makannya juga mau. 



Disini rumahami mau sharing tips seputar menyusui bayi baru lahir. Dibaca pelan-pelan ya.


  1. Berdoa

Apapun yang ada di dunia, adalah kuasa Tuhan. Tidak ada selembar daunpun yang jatuh ke bumi, kecuali atas izin Tuhan. Apalagi untuk memberi ASI eksklusif, makanan terbaik di awal hidup manusia. 

Berdoanya dimulai sejak kapan? Ya sejak tahu kita hamil. Suami istri  berdoa. Karena keberhasilan ASI eksklusif adalah kerjasama suami istri.


Artikel related: Hybnobirthing untuk hamil dan Menyusui


  1. Membaca

Saat ini ada banyak sekali referensi online maupun offline yang bisa sobat baca. Online bisa dari sosial media. Offline maksudnya buku fisik ya. 

Dengan membaca kita jadi tahu bahwa menyusui itu tidak mudah. Dengan membaca kita tahu pengalaman orang-orang. Dengan membaca kita tahu hal-hal logis terkait menyusui. Dengan membaca kita tahu bahwa ASIX adalah hal yang pantas diperjuangkan. Selama tidak ada indikasi medis untuk susu formula atas saran dokter, maka ASIX harus dikejar.


  1. Dukungan orang terdekat.

Menjadi ibu adalah hal luar biasa bagi wanita. Dia tak pernah mengalami. Tetapi kehamilan mengubah hidupnya. Ada 6 hormon yang muncul di tubuh wanita saat dia sedang hamil. Yaitu: 

  1. Human Chorionic Gonadotropin Hormon (hCG)

Merupakan hormon penanda awal kehamilan.

  1. Human Placental Lactogen (HPL)

Berperan dalam menyiapkan nutrisi janin, termasuk ASI.

  1. Estrogen. 

Hormon yang sudah ada sebelumnya dan meningkat tajam saat hamil

  1. Progesteron

Meningkatnya hormon progesteron membuat rahim lebih rileks. 

  1. Oksitosin

Merangsang kelenjar Montgomery di sekitar areola Berperan dalam produksi ASI.

  1. Prolaktin

Berfungsi menyiapkan payudara untuk menghasilkan ASI.


Arti dukungan di sini berasal dari suami, orangtua, mertua, adik dan kakak. Tapi, hidup tidak selalu sesuai harapan. Karena itu peran suamilah yang paling menentukan keberhasilan ASIX. 


       4. Belajar posisi perlekatan.


Selain dukungan suami, posisi perlekatan (latch on) adalah koentji keberhasilan menyusui. Di awal-awal, bunda dan bayi memang harus mencoba terus untuk dapat perlekatan yang benar. Kalau sudah benar, selanjutnya terjadi secara alami.


Dan bentuk puting yang datar, bukan halangan menyusui. Karena hakikatnya, bayi bukan menyusu pada puting. Tapi mulut bayi yang menyentuh areola (daerah hitam sekitar puting), maka akan merangsang hormon prolaktin untuk memproduksi ASI.


Sumber foto: AIMI



5. Boleh pakai sufor dengan pengawasan nakes.


Sebagian ibu ditakdirkan bisa menghasilkan ASI sejak hamil. Sebagian besar lainnya, harus berjuang untuk bisa menghasilkan ASI. Lelah, babyblues, ekonomi naik turun, dan dukungan yang kita terima berbeda-beda. 


Jika sudah berusaha tapi belum berhasil,  ibu baru bisa saja memakai suplementasi sufor dengan panduan nakes.

Itupun pemberian sufor tidak boleh lebih banyak dari ASI, dan  jangan pakai dot. Setelah ASI benar-benar lancar maka sufornya harus dilepas. Jangan keterusan ya.


Dot adalah musuh besar untuk bayi baru lahir. Bayi dan ibu baru sebaiknya menghindari penggunaan dot. Karena pola hisap dari dot dan payudara berbeda. 

Memakai dot, bayi tidak perlu berusaha keras. Belajar menyusu langsung membuat bayi menggerakkan seluruh otot di wajahnya untuk bisa mendapat ASI dari payudara ibu.


Sekilas hal ini sulit. Tetapi teman-teman tidak perlu takut. Sekarang banyak sekali support grup ibu menyusui online maupun offline. Dan teman-teman bisa konsultasi di sana. Jika berkunjung ke nakes, jangan lupa untuk konsultasi ASI.



6. Makan minum yang cukup


Menyusui butuh energi, butuh kalori. Bayi baru lahir pasti mendapat apa yang dia butuhkan dari ASI. Tapi jika ibu sedikit asupannya, maka ibu tidak bisa mencukupi kalori untuk dirinya sendiri. Ibu jadi mudah lelah dan gampang sakit. Makan minum yang cukup tak harus mahal.


Selain ibu baru, ayah juga perlu mendampingi ibu dalam menjalani proses ini. Menyusui adalah tugas bersama. Tugas ayah adalah mendukung Ibu. Dengan dukungan ayah, ibu bahagia, maka peluang anak untuk mendapat ASI sebagai makanan terbaik bayi baru lahir, semakin besar.


Bekasi, 27 September 2022

Rizka Amita

Ibu dua anak dan penulis buku, 'Yes, You Can! Diary ASI Ibu Baru dan Erjuangan Menghadapi Babyblues.' 

Bitread 2017







SHARE 15 comments

Add your comment

  1. Semoga ibu dan debay dipermudah dalam rangka mengASI hi ya mbak dan tidak ada kendala apapun dan semoga debay sehat selalu

    BalasHapus
  2. Semoga debay dan ibunya dipermudah untuk mengASIhi ya dan sehat selalu untuk ib dan debaynya

    BalasHapus
  3. terima kasih mba sharingnya, nambah lagi ilmu parenting saya tentang bagaimana menyusui yang benar dan tepat. pastinya juga tidak semua ibu mengetahui teknik menyusui yang sesuai dan benar. kebetulan ada teman baru lahiran bisa saya rekomendasikan ini

    BalasHapus
  4. Nah bener banget, ngga semudah membuka kancing baju. Pastinya butuh support juga dari sekeliling kita, dan diiringi berdoa dan menambah ilmu juga ibunya. Rajin belajar perlekatan juga penting. Semangat mengASIhi buat semua busui sedunia!

    BalasHapus
  5. Jadi sedih ingat jaman dulu tidak terlalu sukses menyusui anak-anak. Kedua anakku bukan anak ASI eksklusif. Sejak masa cuti selesai dan harus bekerja, anak-anak udah mulai minum sufor. Waktu itu belum terlalu teredukasi sih tentang pentingnya ASIX. Semoga aja para mama sekarang makin dimudahkan untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada buah hatinya. Berbagai fasilitas di tempat publik pun sudah mendukung, ada ruang laktasi yang bisa digunakan oleh para mama.

    BalasHapus
  6. ASI memang tak tergantikan susu formula ya, Mbak. Keponakan saya, yang karena alasan tertentu, kurang mendapatkan asupan ASI, sekarang mudah jatuh sakit. Semoga ibu-ibu lain tetap mengutamakan ASI untuk buah hatinya.

    BalasHapus
  7. MasyaaAllah mbaa, ternyata dah ada bukunya juga yaah, penasaran pengen baca euy! Kereennn <3 jadi ilmu jariyah yang bermanfaat ya mba insyaAllaah

    BalasHapus
  8. Setuju bgt dgn semua tipsnya.
    Karena jadi Ibu baru biasanya serba clueless.
    Makasi ya

    BalasHapus
  9. Terima kasih infonya mba! Aku 2 anak pertama drama ASI haha. Alhamdulillah yang ketiga minimalis banget drama ASI-nya. Selamat Mengasihi!

    BalasHapus
  10. Menyusui itu perjuangan yang membahagiakan kalau menurut saya. Semangat untuk bisa mengASIhi hingga 2 tahun ibu tangguh

    BalasHapus
  11. MashaAllah~
    Senang sekali ada panduan bagi ibu yang baru melahirkan dan membutuhkan sumber kekuatan dan sumber ilmu terkait menyusui.
    Dan memang sangatlah tidak mdah serta butuh kekuatan hati (keras kepala) agar tetap bisa menyusui eksklusif.

    Semoga Allah kuatkan dan beri banyak limpahan keberkahan bagi Ibu yang berjuang di jalan Allah.

    BalasHapus
  12. Sip tipsnya mbak
    Oh ya kalau memang memiliki hambatan dalam menyusui, bisa meminta bantuan konselor menyusui

    BalasHapus
  13. Setujuuu...keberhasilan ASI eksklusif adalah kerjasama suami istri.Dukungan ayah pada ibu mmeberi peluang anak untuk mendapat ASI sebagai makanan terbaik bayi

    BalasHapus
  14. Setuju mbaaaa memang berdoa itu yang utama lalu ikhtiar. Karena Allah juga sudah menjelaskan ayatnya bahwa seorang ibu akan mengasihi selama 2 tahun. Jadi harus yakin juga bisa menyesuinya.

    BalasHapus
  15. Edukatif sekali topiknya ya, sekali lagi buat ibu ibu yang mau menyusui, menyusui itu bukan sekadar menempel ya, harus dipelajari nih biar makin joss mengASIhi

    BalasHapus

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama.

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting