Obat Tradisional Demam Batuk Pilek Anak

in , by Rizka Amita Ridwan, Oktober 10, 2022


Di musim penghujan seperti ini banyak anak-anak sakit. Sejak dulu di Indonesia, tersedia banyak sekali rempah yang bisa digunakan sebagai obat tradisonal demam batuk pilek anak.  Walau digunakan sejak lama, bukan berarti obat tradisional sama sekali aman ya. Jika penyakit sudah diobati 2-3 hari secara tradisional tidak membaik, segera ke puskesmas atau klinik terdekat.


Yuk kita lihat ragam obat tradisional demam untuk anak:


  1. Madu

Madu baik dikonsumsi anak saat sehat apalagi saat sakit. Selalu sedia madu di rumah. Madu dipercaya sejak lama sebagai obat tradisional. Saat anak sakit, usahakan untuk mengganti pemanis minuman menjadi madu daripada gula pasir.  Karena lebih sehat.

Madu bersifat antioksidan alami yang memperkuat imun tubuh, bersifat antibakteri dan antivirus.



  1. Daun jarak

Tanaman dengan nama latin Ricinus communis L ini memiliki banyak manfaat. Tanaman ini bersifat antioksidan, antibakteri, dan bisa juga bersifat insektisida. Karena itu pemakaian daun jarak bukan untuk dikonsumsi. Tapi ditaruh ke bagian tubuh yang butuh. Beberapa memang mengatakan bisa diminum. Tapi mimin sendiri belum pernah coba.

Untuk anak yang perutbya kembung, bisa diobati dengan daun jarak. Caranya, daun jarak utuh lebar diberi minyak makan baru. Lalu dibakar sebentar di atas api kecil. Jangan sampai layu. Setelah daun terasa sedikit panas, taruh di perut anak sekitar 10 menit. 



  1. Jahe

Jahe mengandung magnesium dan vitamin C.  Jahe juga mengandung gingerols yang mampu menghambat infeksi bakteri. Jahe memberi efek segar sehingga cocok unruk dikonsumsi saat batuk dan pilek. 

Jahe bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan mempercepat pemulihan orang sakit. Seiris jahe dan lemon di air putih atau teh hangat, memberi efek penyembuhan jika dikonsumsi secara rutin.





  1. Sup daging sapi atau daging ayam.

Sup selalu jadi menu andalan dikala demam datang. Hal ini berlaku untuk dewasa maupun anak-anak. Dengan bumbu rempah dimakan hangat, menambah selera makan pada anak yang sedang sakit batuk pilek.

sumber foto: <a href="https://www.freepik.com/free-photo/chicken-soup-with-vegetables_7090650.htm#query=chicken%20soup&position=3&from_view=keyword">Image by timolina</a> on Freepik


  1. Irisan bawang merah segar.

Bawang merah mempunyai kandungan organosulfur yang bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Kandungan ini membuat bawang merah bisa menyembuhkan demam. 

Cara pakainya cukup mudah. Kupas bawang merah tanpa dicuci. Iris lalu campur dengan sedikit minyak makan baru, dan sedikit minyak kayu putih. Lalu balur ke tubuh anak. Jika anak sedang demam, sebaiknya pakaian yang tipis saja. Jangan pakaian tebal.

Sebagai perhatian jika kulit anak bertipe sensitif, jangan pakai bawang merah ya. Anak cukup dipijat sendiri pakai baby oil. Sambil diperhatikan asupan makan minumnya.




Demikianlah lima obat tradisional demam anak yang ada di dapur kita. Jadi tenang tanpa panik karena bahannya ada di dekat kita.



SHARE 17 comments

Add your comment

  1. Baluran minyak sama bawang merah ini ampuh banget, dulu anak-anak pas bayi kalau mereka demam pasti dibalur minyak bawang

    BalasHapus
  2. Daun jarak obat batuk aku juga baru denger.Selama ini aku pake getah jarak untuk obat sariawan dan beneran sembuh

    BalasHapus
  3. aku langganan minum susu jahe kalo lagi pilek hehehe

    BalasHapus
  4. jahe memang adalah menjadi obat tradisional di kala flu batuk.. masak sup pun menjadi alternatif untuk menghangatkan badan.

    BalasHapus
  5. Cuaca yang ekstrim belakangan ini memang bikin siapa saja gampang ngedrop, paling umum ya sakit demam-batuk-pilek. Terutama pada anak-anak. Di sekolah anak saya pada gantian sakit. Anak saya kemarin nih baru aja sembuh. Alhamdulillah..

    BalasHapus
  6. Paling familiar yang sup, jahe, dan madu. Baru tahu banget soal daun jarak, soalnya ketersediaan di sekitar rumahku juga jarang banget

    BalasHapus
  7. Terima kasih infonya, Mbak. Rasanya sekarang anak-anak kalau lagi sakit batuk kok jadi lama banget sembuhnya. Kira-kira kenapa mbak?

    BalasHapus
  8. Dulu waktu sy kecil ketika demam, orang tua saya ngolesin bawang ke jidat.

    BalasHapus
  9. Yg herbal.gini malah baguuuusss ya mbaaa

    Apalagi sekarang heboh obat syrup pabrikan bikin gagal.ginjal anak.

    Huft, ngeri 😶

    BalasHapus
  10. Semua bahan tradisional itu sudah saya coba dan dalam kondisi sakit biasa sedikit membantu. Tapi jika sakit dalam kondisi parah tidak terlalu membantu

    BalasHapus
  11. Dulu sempat baca juga, bahwa untuk mengurangi kadar bakteri dalam kamar, bisa dengan bawang merah mentah yang dipotong-potong atau di cacah, lalu diletakkan di berbagai sudut kamar. Saya pernah praktek juga, dan entah bagaimana, memang kami lebih jarang terkena batpil. Tapi memang aromanya luar biasa sih hehehe

    BalasHapus
  12. wah jadi rekomendasi saya niy mba untuk jaga-jaga kalau melihat anak kecil atau ada keluarga yang batuk, paling sering di rumah menggunakan sup dan bawang merah kalau ada saudara kecil yang batuk

    BalasHapus
  13. Pas banget nih mba, bisa buat referensi misal amit-amit anak sakit demam. Soalnya masi ragu kalau pake Paracetamol gara2 berita Gangguan Ginjal Akut misterius

    BalasHapus
  14. Kalau akai sendiri minum.y air hangat jahe, bisa jg madu sma jeruk, daun jarak omegat pahit ngga sih? Pernah diaksi makan getahnya dan subhanallah pahit banget

    BalasHapus
  15. Meski jaman udah moderen tapi obat tradisional tetep dihatiku, enggak bisa dihilangkan ini. Apalagi waktu punya anak kecil batuk pilek langsung iris iris bawang merah terus taro di pojokan kamar

    BalasHapus
  16. Irisan bawang merah ini memang terbukti banget ya kak. Keponakan Saya juga sembuh nih setelah dikasih ini. Tapi ya itu aromanya sedep bener hehehe

    BalasHapus
  17. Dulu pas anak-anak bayi, pakainya selalu bawang ditumbuk ini..
    Dan dipijat sedikit.. agar anaknya 'hilang cape' kalo kata orang Sunda mah..

    Dan aku baru tahu kalau daun jarak juga bisa memiliki fungsi yang sama untuk obati demam batuk pilek pada anak.

    BalasHapus

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama.

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting