Cara Belajar Motor Matic untuk Pemula

in , by Rizka Amita Ridwan, Oktober 19, 2022

Hari ini semua orang harus bisa mobile. Banyak keperluan menuntut kita bisa pergi kemanapun. Contohnya adalah antar jemput anak sekolah, ke pasar, belanja, kajian, ke rumah teman, kuliah, dan masih banyak lagi. Untuk ibu-ibu atau anak muda yang baru belajar motor matic, rumahhami mau sharing cara belajar motor matic bagi pemula. Dibaca pelan-pelan ya.



  1. Berdoa.

Apapun hal baik harus diawali dengan doa. Karena tujuan awal belajar motor adalah baik, maka diawali dengan doa. Apalagi di jalan raya yang bertemu dengan pengendara lain. Banyak-banyak berdoa ya.


  1. Sabar.

Usaha belajar motor membutuhkan kesabaran, terutama   jika sobat belum pernah setir motor atau mobil. Beda cerita jika sobat biasa   bawa motor bebek dan mobil, maka proses belajar motor matic ini bisa hitungan hari. 

Tahap awal biasanya pengenalan posisi bagian-bagian motor. Seperti klakson, stang, rem, gas, lampu sen kiri kanan, standar, spion. JIka sudah kenal bagian-bagian motor maka bisa jalan belajar ke ke tanah lapang berumput. Supaya ketika jatuh tidak terlalu sakit. Cukup patah hati yang sakit, belajar jangan #eh.

Makna sabar saat belajar motor bisa juga berarti, sobat mulai belajar motor matic hari ini, tetapi  ke jalan raya sekitar enam bulan lagi.


  1. Bisa naik sepeda.

Sebenarnya banyak yang bisa setir motor matic tanpa bisa sepeda. Tetapi lebih baik jika sobat sudah bisa bawa sepeda sebelum setir motor. Karena setir motor butuh keseimbangan dan naik sepeda melatih keseimbangan sobat.


  1. Pakaian sopan dan aman.

Selain berpakaian sopan, aman adalah syarat mengendarai motor. Jangan belajar motor dengan pakaian kembang, seksi, rok lebar, atau baju menjuntai. Hal ini bisa membuat ujung baju sobat masuk ke roda motor yang sedang melaju. Efeknya pengendara bisa jatuh. Apalagi kalau motor bebek yang rodanya lebih terbuka dibanding matic. Selain bisa membahayakan diri sendiri, bisa juga tersangkut mobil atau motor di samping kita.


  1. Cukup tinggi badan dan umur saat belajar motor.

Tidak ada syarat minimal tinggi badan bisa bawa motor. Kalau kaki bisa menyentuh tanah walau jinjit, itu sudah cukup. Tetapi usahakan motor yang kita bawa memang motor yang sesuai tinggi badan ya. Jangan tinggi badan cuma 145 cm tapi nekat bawa motor off road. Kalau motor matic rata-rata sudah diadaptasi dengan tinggi badan orang Indonesia. Jadi orang-orang dengan tinggi 150 cm seperti kita ini, tidak perlu khawatir.

Kalau umur kaitannya dengan mental. Membawa motor di jalan bisa bersinggungan dengan pengendara lain dan berujung debat. Emosi yang stabil penting untuk kenyamanan bersama pengguna jalan raya.



  1. Diajari guru

Maksud diajarin guru, bukan guru sekolah ya. Tapi gurunya bisa berupa ayah, suami, teman, yang badannya lebih tinggi dari kita sehingga bisa menarik rem di stang motor dari belakang jika sewaktu-waktu kita keluar  lintasan. Pastikan juga sosok guru ini tidak emosional karena kalau emosional, malah kita semakin panik. Sebisanya guru belajar motor ini sama jenis kelamin dengan yang sobat. Perempuan diajarin perempuan dan lelaki diajari lelaki .


  1. Safety First 

Kita belajar motor bukan untuk gaya-gayaan. Kita belajar motor karena kebutuhan. Walau begitu, sudah ada panduan berkendara sejak kita belajar motor. Jujur jadi ingat ayah kandung yang rajin mengingatkan untuk selalu pakai helm. Mau ke warung, ke pasar, jauh, dekat, helm tidak boleh lupa. 

Kenyataan sekarang banyak dijumpai orang-orang bawa motor  dengan perlengkapan seadanya. Tidak pakai helm. Tidak pakai alas kaki yang memadai. Hanya pakai sandal jepit yang tipis. Bahkan tidak pakai alas kaki. Alasannya karena dekat. Padahal alas kaki sangat penting saat berkendara. 


  1. Fisik harus sehat.

Membawa motor hanya boleh dilakukan saat fisik kita sehat. Jika kita membawa motor dalam keadaan sakit, selain berbahaya buat diri sendiri, juga berbahaya untuk orang lain. Apalagi jika berencara antar jemput anak sekolah. JANGAN!


  1. Perhatikan motor dan mobil yang diam di tempat.

Motor dan mobil yang diam di tempat bisa ada pengemudinya. Kalau motor kita bisa tahu karena terlihat. Tapi kalau mobil kan tidak terlihat. Tidak perlu juga kita intip ke dalam kaca. Ada cara lebih mudah daripada mengintip. Lihat apakah lampunya menyala. Atau dari kaca bisa juga terlihat bayangan. Ada juga mobil yang diam tapi rodanya bergerak pelan. Bisa saja pintu mobil terbuka tiba-tiba. Di sini sobat wajib pelan-pelan ya.


  1. Perhatikan arah roda motor atau mobil yang sedang melaju. 

Orang-orang suka bilang kalau lampu sen kiri belok kanan adalah kebiasaan ibu-ibu, kebiasaan perempuan. Kenyataan di jalan, sen kiri belok kanan banyak juga bapak-bapak. Jadi arah sen lampu ini tidak bisa dijadikan acuan. Lebih baik kita lihat arah gerak rodanya. Itu lebih pasti.


  1. Berlatih di tempat aman.

Lapangan berumput selalu jadi alternatif tempat belajar motor. Hal ini karena sobat bisa jatuh saat belajar motor. Lapangan tidak berumput bisa juga. Tapi kalau baru hujan, maka lapangan ini licin. Usahakan belajar motor saat hari cerah dan tempat sunyi. Jangan berlatih motor di daerah yang dilalui banyak orang..


  1. Saat belajar jangan bawa anak.

Belajar motor beda dengan belajar mobil. JIka belajar setir mobil maka anak bisa duduk di belakang karena ruangannya luas. Di motor matic tidak seperti itu. Selain kapasitasnya sedikit, resiko jatuh lebih besar. Sobat boleh membonceng anak setelah sobat yakin sudah bisa menyetir motor dengan stabil.


  1. Kelengkapan Surat

Jika proses belajar motor lancar dan sobat berniat pakai motor untuk sehari-hari, lengkapi surat-surat ya. Semisal SIM dan STNK. Berkendara tanpa surat lengkap bisa dikurung 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1.000.000,-.




Demikianlah tiga belas cara belajar motor matic untuk pemula dari rumahami. Sobat punya pengalaman unik waktu belajar motor? Sharing yuk! 

SHARE 18 comments

Add your comment

  1. Wah...saya juga sebelum lanjut ke motor, diawali dari sepeda dulu mba, jadi aga mudah pas nyeimbanginnya. Cuma memang motor aga nger2 sedap Yaa...takut ga bisa balance saat putar gas, hehe.

    BalasHapus
  2. Wah baca ini kok jadi pengen belajar motor matic
    Banyak yang bilang belajar motor matic lebih mudah dibandingkan motor manual ya mbak

    BalasHapus
  3. Saya pertama bisa motor justru bukan matic. Pas pertama on langsung gigi 2 wkwk akhirnya mesin mati. Pas ada motor matic alhamdulillah lebih mudah.

    BalasHapus
  4. Aku dulu naik motor bebek biasa, terus nikah belajar motor bebek kopling, keluar matic belajar motor matic...Jadi bisa ketiganya:)
    memang mesti ada tipsny seperti di artikel ini agar bisa naik motor matic

    BalasHapus
  5. dulu pas belaja rmotor ini ngeri-ngeri sedap tapi kalau udah bisa lama ga ngendarai juga suka kagok lagi, wah dendanya lumayan besar juga ya ternyata

    BalasHapus
  6. Jadi inget dulu diajari naik motor manual sama bapakku.Telaten banget deh, jadi pas naik matic auto mulus lancar wkwkwk. Pokoknya kalau udah turun jalan raya harus bawa surat lengkap biar aman yah.

    BalasHapus
  7. Pengalaman pertama mengendarai motor matic sendiri dihiasi dengan acara kejeblos lubang penuh air. Alhasil kaki basah semua hix. Sampai sekarang rasanya saya belum terlalu PD untuk pergi-pergi ke jalan raya. Kalau pun keluar, biasanya selalu minta dikawal Pak Suami hehehe.

    BalasHapus
  8. Mbak aslinya Aku pengen banget bisa belajar Naik motor lho .. Dan tips ya bermanfaat banget nih

    BalasHapus
  9. Siipp makasi sharing nya Ami.

    Memang klo mau mobilitas bagus, ya kudu bs kendarai motor yaakkkk

    BalasHapus
  10. Awal.y sih belajar pake motor biasa, eh pake matic agak susah dibagian rem.y semuanya serba ditangan, padahal motor biasa rem.y ada yg di kaki

    BalasHapus
  11. Pertama kali belajar motor, motor matic belum ada. Belajar pakai motor biasa berat banget mana badan saya nih mungil. Motor matic lebih ringan kayak bom bom car aja bawanya.

    BalasHapus
  12. Aku sampai skrg malah yg ngga bisa2 tuh mootor yg ngga matic dah ituu, kayak trauma gitu dlu pernah nabrak pas belajar wkwkw kalo pake matic mah tinggal ngeeeng yaa mba hehee

    BalasHapus
  13. wah tipsnya lengkap mbak, memudahkan bagi pemula yang ingin belajar naik motor
    hal penting yang perlu diperhatikan juga saat mengendarai motor matic adalah jangan melakukan rem mendadak, karena motor langsung selip, beda dengan motor manual yang tidak langsung selip

    BalasHapus
  14. Aku dulu pertama kali belajar motor matic sama saudaraku di lapangan dekat rumah. Betul kalau memang harus di tempat sepi agar tak kaget

    BalasHapus
  15. Ya Allah..aku inget banget kurang fasih dan kurang percaya diri kalau naik motor matic.
    Generasi motor manual.. Huhu~
    Beneran kudu banyakin berdoa, soalnya saking mudah dan santuynya jadi suka lupa dan lieuurr kalau remnya cuma di tangan..

    BalasHapus
  16. Bener banget nih, faktor safety harus jadi pertimbangan ketika mengendarai motor. Kalau sudah cukup umur, baru deh naik motor keluar rumah, disertai dengan SIM sebagai tanda tanggung jawabnya mengendarai kendaraan bermotor.

    BalasHapus
  17. https://social.technet.microsoft.com/profile/rizka%20amita/

    BalasHapus
  18. saya bisa naik sepeda, tapi sudah lama tidak bersepeda. ketika belajar naik motor, kaget juga melatih keseimbangan xD motor metic lebih ringan dan lebih mudah untuk dipelajari bagi saya. tidak perlu pusing dengan memasukkan gigi, gas rem dan perhatikan jalanan ^^

    BalasHapus

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama.

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting