Cara Hilangkan Amis Ayam Kampung

in , by Rizka Amita Ridwan, Januari 09, 2023


Ayam kampung adalah salah satu menu kesukaan keluarga kami. Selain lebih sehat, kandungan lemak ayam kampung lebih sedikit dibanding ayam broiler.

Ada banyak menu olahan ayam kampung. Misalnya digoreng, gulai, dibakar, dan pepes. Tetapi mengolah ayam kampung ini sedikit tricky. Jika salah maka ayam akan amis.




Berikut aku sharing cara hilangkan  bau amis ayam kampung. Langsung saja ya.


Bahan:

- Satu ekor ayam kampung berat 1,2 kg,
- Jeruk nipis 1 ukuran sedang,
- Segenggam daun salam,
- Air 1000 ml,
- Jahe 1 ruas,
- Sereh 1 batang yang besar.


Cara:

- Bersihkan ayam kampung

- Cuci ayam kampung 3 kali,

- Air cucian terakhir wajib pakai jeruk nipis,
  Bilas,

- Panaskan air beserta daun salam, jahe,        sereh, dan garam,

- Tunggu air mendidih, lalu masukkan ayam     kampung yang sudah dibersihkan,

- Ayam direbus selama 5 menit,

- Tahap ini untuk menghilangkan bau amis     ayam saja. Jika ingin melembutkan, maka     ayam kampung bisa dimasak dengan            metode 5 30 7 di panci/wajan tertutup,

-  Metode 5 30 7 berarti air dan bumbu            dimasukkan lalu dimasak smpai mendidih.
 
- Setelah mendidih, masukkan ayam,

- Lima menit dari mendidih, api dimatikan. 

- Lalu ayam tetap dibiarkan selama 30            menit dalam panci tertutup. Jangan             sekalipun dibuka. Setelah 30 menit api   dinyalakan lagi selama 7 menit dengan         panci tertutup. Jika sudah 7 menit maka       panci boleh dibuka.

- Bisa juga menggunakan panci presto

Selanjutnya ayam kampung siap diolah sesuai keinginan.







SHARE 12 comments

Add your comment

  1. Terima kasih artikel tentang resep masakan ayam kampung. Bagi saya, baik olahan ayam kampung maupun telur ayam kampung lebih enak dan menyehatkan

    BalasHapus
  2. Wah enak banget ini ayam kampung jadi ngileeeer. Wah baru tau nih caranya kalau dicuci pake air jeruk nipis. Bisanya aku biarkan aja pakai jeruk nipis. Sama mbak aku pun kalau masak daging suka pakai metode 5 30 7 hehe biar hemat gas juga 😂

    BalasHapus
  3. wah pas banget saya sedang mau masak ayam kampung hari ini mba, nemu ini bisa saya cobain biar ga mau amis, kadang saya pernah masak. Jadi makin laper lihat photonya pas banget belum makan pagi

    BalasHapus
  4. Jadi ingat menu ayam sayur pedas masakan almarhum mama dulu, wajib pakai ayam kampung meskipun harganya kian mahal tapi memang sih rasa ayam kampung beda. Sekarang jarang masak ayam kampung, soalnya anak-anak kurang suka. Kalau masak paling untuk saya dan suami sebagai generasi tempo doloe. Makasih mbak sharing tipsnya.

    BalasHapus
  5. Menu ayam kesukaan anak-anak saya nih. Boleh contek resepnya kan mba, tak cobain praktek di rumah. Thanks sharing nya mba.

    BalasHapus
  6. Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis saat mengolah ati dan rempela ayam, nggak Mbak? Mau nyoba ah.

    BalasHapus
  7. Baru kemarin saya rebus ayam kampung yang dibawa ipar dari kampung. Sudah beberapa hari jadi saya rebus sebelum digoreng (diungkep). Mirip bahannya Mbak, tapi saya gak pake jeruk nipis. Saya pakai asam jawa dan kunyit. Habis itu digoreng sama sodara yang lain, dibumbui. Alhamdulillah gak amis dan enak.

    BalasHapus
  8. Ah ini pas, memang sementara cari² cara untuk menghilangkan amis saat mengolah ayam kampung. Informasi yg sangat baik, terima kasih

    BalasHapus
  9. Baru tau saya ayam kampung ini lebih amis drpd ayam negeri, tapi memang lebih bergizi ya mba, di tempat saya ayam kampung lebih mahal jadi jarang belinya

    BalasHapus
  10. Ayam kampung ini memang paling enak dagingnya, cuma ya itu, kalau masaknya kurang pas, ada aja bau amisnya yang tertinggal. Makasihnya tipsny ya bun.

    BalasHapus
  11. Terima kasih bun tipsnya, ayam kampung menu fav keluarga kami nah untuk membuat empukk ambyar dan tdk amis pasti ada tipsnya. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  12. susahnya ayam kampung itu dagingnya dikit dan cenderung lebih keras dagingnya

    BalasHapus

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama.

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting