Daftar Nama Bumbu Dapur Lengkap Part 1

in , by Rizka Amita Ridwan, Februari 10, 2023


Assalamu"alaikum dan selamat datang sobat rumahami. Kali ini aku mau sharing seputar bumbu dapur. Pengetahuan tentang bumbu dapur ini penting lho. Karena tidak selamanya sobat tinggal bareng ibu. Bisa akan menikah atau nge-kos. Jadi harus tahu daftar nama bumbu dapur lengkap. Bukan untuk masak yang rumit, bukaaan! Tetapi sebagai pengetahuan. Karena masakan sederhana pun butuh bumbu dapur. Apa saja itu? Kita mulai yuk.


1. Bawang Merah


Sumber Foto : Freepik

Bawang merah adalah salah satu ciri khas masakan Asia. Dengan kandungan Sulfur Organik dan berbagai Antioksidan, bawang merah memberi manfaat bagi makanan. Bawang juga memberi manfaat kesehatan seperti meringankan nyeri sendi, anti radikal bebas, mengontrol diabetes dan menjaga kesehatan jantung.

Bawang merah memberi rasa gurih pada masakan. Di Indonesia, beragam bentuk penyajian bawang merah. Ada yang diiris untuk ditumis. Ada juga dihaluskan bersama bumbu lain. Ada juga yang dimakan mentah seperti acar. Dengan ragam penyajian, berbeda pula pasangan sajiannya.

Misalnya, acar untuk kari, nasi goreng, dan mi goreng. Bawang merah halus untuk bumbu daging.


2. Bawang putih


Sumber foto: Freepik

Bawang putih sudah lama dipakai masyarakat di Asia, Afrika, dan Eropa. Selain sebagai penyedap alami, bawang putih juga berkhasiat obat. Bawang putih mempunyai kandungan Selenium, Kalsium, Antioksidan, Serat, dan Protein. Kandungan ini bermanfaat bagi kesehatan.


3. Jahe


Sumber foto: Freepik

Jahe adalah sejenis rimpang yang berkhasiat rempah dan obat. Kandungan Zingeron pada jahe bisa menimbulkan efek pedas dan hangat. Cocok dimasukkan ke dalam masakan berkuah seperti sup.

Jahe memiliki aroma yang kuat sehingga mampu menghilangkan aroma amis pada masakan berbahan ikan, ayam, daging, dan seafood.




4. Laos


Sumber foto: Freepik

Rempah dengan nama Alpinia Galanga ini hidup di dataran tinggi dan rendah. Laos ada dua jenis yaitu laos berimpang putih dan laos berimpang merah. Laos punya nama lain yaitu lengkuas. Laos banyak ditemui di Indonesia, Arab, Cina, dan Sri Lanka.


Selain memberi aroma khas masakan, laos bermanfaat bagi kesehatan diantaranya sebagai anti bakteri, anti jamur, anti radang, anti alergi, dan anti tumor.


5. Daun Salam


Sumber Foto: Freepik


Daun salam dikenal sebagai rempah masakan yang berkhasiat obat. Dalam bahasa Inggris, daun salam disebut sebagai Indonesian Bay-Leaf atau Indonesian Laurel. Daun salam bisa tumbuh di dataran tinggi dan dataran rendah. Dari bibit kecil setinggi 10 cm, pohon daun salam bisa tumbuh hingga 25 m.

Selain sebagai rempah, daun salam juga berkhasiat obat. Seperti menurunkan kadar asam urat, menurunkan kadar gula darah, bagus untuk jantung, dan meningkatkan kekebalan tubuh.


6. Sereh


Sumber foto: Freepik

Sereh adalah tanaman rempah suku rumput-rumputan, karena memang tumbuhnya bergerombol seperti rumput. Dengan aroma mirip jeruk, sereh memberi wangi khas pada makanan.

Secara umum, sereh dijumpai di hampir seluruh menu masakan Indonesia. Sereh juga berkhasiat obat seperti menurunkan berat badan, membantu pencernaan, aromaterapi, membantu pertumbuhan rambut, dan banyak manfaat lainnya

Demikianlah daftar nama bumbu dapur lengkap part 1. Tunggu lanjutannya ya.

SHARE 18 comments

Add your comment

  1. Klo suka bikin menu masakan Nusantara. Terwajib nyetok bumbu dapur ini d rumah ya
    Karena bakal seriiingg bgt kepake
    Makasi mba

    BalasHapus
  2. wah bumbu dapur yang wajib banget buat ada di dapur ya kak, sayapun sampai kepikiran menanamnya karena hampir setiap hari menggunakannya untuk masak nih

    BalasHapus
  3. Selain memberi cita rasa tersendiri, masing-masing bumbu memiliki khasiat yaang berbeda.

    Bumbu-bumbu ini biasa digunakan untuk obat herbaal juga Mbak. Dulu waktu masih kerja di RnD Pharma, saya dapat tugas mencari referensi untuk pendaftaran obat di BPOM

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah,
    terima kasih, kak atas penjelasan mengenai bumbu dapur.

    Sejujurnya, hal yang paling aku gak bisa adalah mengenali bumbu dapur yang tepat ketika akan memasak. Seringnya yang basic aja kaya bumbu dasar D.

    BalasHapus
  5. Beberapa rempah di atas ada yg wajib sih di dapurku tp ad jf yg opisonal, jd kadang kosong heheh. Sekarang jg masaknya pake bumbu yg minimalis aja ngga terlalu banyak rempah tp tetap sedap alhamdulillah

    BalasHapus
  6. Mantapp wkwk, paling enak sereh dibikin wedang sama jahe dan madu ya mbaa.. biasanya kalo flu aku suka bikin ituu

    BalasHapus
  7. Sampai sekarang saya kadang masih ragu bedain jahe sama teman-teman sejenisnya, lho, Kak. Duh, jadi malu.

    BalasHapus
  8. Saya baru tahu kalau nama lain dari lengkuas adalah laos. Dari dulu tahunya cuma lengkuas.

    BalasHapus
  9. Di halaman rumah aku nanam laos, pohon salam dan sereh..jadi pas butuh (terutama) sereh dan salam tinggal ambil. Jadi nambah ilmu tentang bumbu dapur, thank you

    BalasHapus
  10. Bumbu dapur yang jarang absen dalam setiap makanan ya pasangan baput bamer ya mba....menambah gurih dan wangi.

    BalasHapus
  11. Penting banget lho mengenal bumbu dapur, jadi ingat dulu aku sering ketuker antara tepung sagu dan tepung terigu sampai akhirnya mama kasih tips kalau tepung sagu dipegang ada krenyes-krenyesnya soalnya dulu belum ada yang kemasan...wkwkwk. Bumbu dapur aja ngak semuanya aku kenal lho, kadang masih suka bingung kapulaga itu gimana soalnya jarang digunakan untuk masak.

    BalasHapus
  12. Biasanya aku paling susah membedakan itu jahe, laos, kencur, kunci mba wkwkwk

    BalasHapus
  13. Aku dulu nggak paham nama-nama bumbu. Setelah belajar masak jadi mulai ngerti

    Jadi dulu belajarnya di supermarket. Kan di sana ada namanya. Wkwkwk

    BalasHapus
  14. Suka banget klo pas bikin minuman segar dikasih sereh. Jarang masak pake sereh sih soalnya, masaknya cuma sayur sop dan sayur asem mulu biasanya hehee...

    BalasHapus
  15. mbakkkk daun salamnya kok apik hehehhe ,.... aku dulu gak paham lho kenapa ada daun salam di nyaris setiap masakan yang berkuah santan .

    BalasHapus
  16. Dari semua bumbu dapur yang ditulis di sini, yang paling sering saya gunakan adalah duo bawang
    Bawang merah dan bawang putih
    Maklum aja, seringnya masak tumisan
    Hehe

    BalasHapus
  17. Sebelum menikah saya tidak tahu beda lengkuas dan jahe. Dan Alhamdulillah setelah menikah banyak akhirnya yg saya tahu tentang nama bumbu

    BalasHapus
  18. Dulu sering bingung dengan bumbu-bumbu dapur. Entah mengapa selalu lupa walau sudah dihapal berulang-ulang. Tapi sejak menikah, akhirnya ingat juga. Hampir tiap hari dipakai sih.

    BalasHapus

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama.

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting