Daftar Nama Bumbu Dapur Lengkap Part 2

in , by Rizka Amita Ridwan, Februari 13, 2023

Assalamualaikum dan selamat datang sobat rumahami. Disini aku mau melanjutkan part sebelumnya tentang bumbu dapur lengkap. Mari kita mulai.


  1. Daun Kunyit

Daun kunyit adalah rempah yang banyak dijumpai di Asia Tenggara seperti di Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Daun kunyit berbentuk lonjong dengan permukaan kasar.

Selain sebagai penyedap masakan, daun kunyit juga berkhasiat obat.

Daun kunyit bersifat antioksidan, anti inflamasi, dan anti radang.




  1. Daun Pandan

Pandan adalah jenis tumbuhan dari famili Pandanaceae yang mempunyai aroma khas. Daunnya panjang dengan tepi bergerigi. 

Selain menambah aroma masakan, daun pandan kerap dijadikan tanaman hias.

Tidak hanya itu, daun pandan juga berkhasiat obat seperti anti kanker, menurunkan demam, mengatasi diabetes, dan menurunkan tekanan darah tinggi.




  1. Daun Jeruk

Daun jeruk adalah tanaman berkhasiat obat yang sekaligus bisa digunakan sebagai bumbu dapur. Daunnya beraroma khas berwarna hijau tua segar.


Related Post: Daftar Nama Bumbu Dapur Lengkap Part 1


Tetapi perlu diingat, tidak semua daun jeruk bisa dijadikan bumbu dapur. Hanya tertentu saja.

            




  1. Asam Jawa

   


Buah dengan nama latin Tamarindus Indica ini berasal dari Afrika. Lalu menyebar hampir di seluruh Asia Tenggara. Sesuai namanya, buah asam jawa beraroma asam. 

Sehingga asam jawa cocok dipadukan dengan minuman yang diberi gula aren asli dan es batu. 

Diminum siang hari saat panas, saat beban hidup terasa berat, beneran cocok banget. Ini yang baca pasti sambil membayangkan, xixixi.

Tidak hanya itu, asam jawa cocok dipadukan dengan bahan makanan seperti ikan, ayam, dan seafood sebagai penghilang bau amis. Bisa juga sebagai tambahan kuah pempek dan campuran jamu tradisional.



  1. Asam Kandis



Asam Kandis berasal dari India dan memiliki nama latin Garcinia Xantochymus. Pohonnya setinggi 15-30 meter dan masih berkerabat dengan manggis. 

Asam Kandis memiliki kandungan vitamin C tinggi sehingga bagus dimasukkan ke dalam makanan bercitarasa asem. 

Dalam pemakaian sehari-hari, asam kandis juga bisa digunakan sebagai bahan campuran minuman. 



  1. Asam Belimbing


Asam belimbing disebut juga belimbing wuluh atau belimbing sayur. Karena memang penggunaannya lebih dominan untuk masakan daripada minuman. 

Buah dengan nama latin Averrhoa Bilimbi ini tumbuh bebas di Sri Lanka, Indonesia, Malaysia, dan Myanmar. Asam belimbing mengandung beragam nutrisi dan antioksidan Menaruh irisan asam belimbing dalam masakan berkuah dan berbungkus daun pisang akan menyebabkan makanan jadi enak, nambah nasi terus, dan tidur jadi nyenyak. 


Demikian part 2 dari Daftar Bumbu Dapur Lengkap. Akan ada part 3 nya ya.

Lho, kenapa sampai part 3? Iya, karena memasak sepenting itu. 


Bisa jadi kelak kita akan bersama istri atau suami, yang bahasa cintanya bukan tas branded, bukan duit segunung, bukan body langsing, dan bukan kulit putih. 


Tetapi dia yang cukup senang dengan sepiring makanan sederhana hasil karya kita. Dan itu dimulai dari mengetahui ragam daftar bumbu dapur lengkap. 



SHARE 6 comments

Add your comment

  1. empat dari 6 bumbu ini ada di kebon ku lho.. senang deh, tinggal metik sendiri.. selain tau, juga merawatnya

    BalasHapus
  2. Wah, aku baru tau nih ada bumbu dapur asam kandis, aku taunya asam jawa, mba. Karena sama asamnya, keduanya memiliki kandungan vitamin C ya, mba. Wah, pastinya kandungan alami dari bumbu-bumbu dapur sangat bagus untuk kesehatan tubuh, ya.

    BalasHapus
  3. Cheat Sheet banget untuk yang pengen belajar masak. Harus bisa bedain nama-nama bumbu dapur, apalagi terkait daun, kadang susah bedain. O iya belajar masak, bukan hanya cewek tapi cowok juga..

    BalasHapus
  4. Keren nih, bisa buat contekan ketika masak bareng. Dulu tuh suka bingung kalau disuruh ngambil daun ini daun itu di kebun sama ibu..wkwkw..

    BalasHapus
  5. Dari daftar ini, aku belum pernah masak makanan yang bumbunya pakai daun kunyit. Katanya daun kunyit ini kalo ditumis enak ya bun? Jadi ditumis kayak kangkung gitu..

    Hehehe.. Makasih sharingnya, mantaap

    BalasHapus
  6. Wah thanks mba. Ini bermanfaat bangett
    Btw aku juga menanam daun pandan di rumah. Gak cuma bisa buat campuran kolak atau pas bikin masakan lainnya tapi bisa dimasukkan ke beras saat menanak nasi. Nasinya jadi wangi dan enak banget. Ditambahin jeruk nipis juga oke banget

    BalasHapus

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama.

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting