Daftar Nama Bumbu Dapur Lengkap Part 3

in , by Rizka Amita Ridwan, Februari 20, 2023
Melanjutkan part sebelumnya, sekarang mari kita belajar bumbu dapur lagi ya. Mari kita mulai

1. Kayu Manis


Kayu manis adalah jenis pohon penghasil rempah bernama latin Cinnamomun. Kayu manis dihasilkan dari bagian dalam pohon yang beraroma pedas manis. Ada dua jenis kayu manis yaitu :

a. Ceylon Cinnamon,
Kayu manis tipe Ceylon berasal dari Sri Lanka dan jarang ditemui. Kalaupun ada harganya lebih mahal dari kayu manis biasa.

b. Cassia Cinnamon,
Merupakan jenis kayu manis yang umum dijumpai di Indonesia. Warnanya merah kecoklatan.

2. Kapulaga
Kapulaga adalah jenis rempah tanaman tropis yang berasal dari India. Secara umum kapulaga menyebar merata hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kapulaga digunakan sebagai bumbu masakan sekaligus tanaman obat.

Di Indonesia ada dua jenis kapulaga yaitu kapulaga sabrang (Elettaria cardamomum L) dan kapulaga lokal (Amomum cardamomum L.).

3. Cengkeh
Cengkeh adalah salah satu rempah asli Idonesia yang berasal dari tanaman Syzygium Aromaticum. Cengkeh memiliki aroma harum manis. Bisa digunakan sebagai campuran makanan, minuman, dan bisa sebagai obat herbal. Cengkeh mengandung kalori, karbohidrat, kalsium, magnesium, dan vitamin E.

4. Bunga Lawang
Bunga lawang juga disebut sebagai kembang lawang atau pekak. Rempah dengan nama latin Illicium Verum ini bersifat anti oksidan, anti bakteri, dan anti jamur, sangat bermanfaat bagi kesehatan.

5. Kemiri.

Sumber foto: Freepik

Kemiri adalah tumbuhan berkadar lemak tinggi yang bijinya diambil sebagai rempah. Kemiri menyebar luas di daerah tropis. 

Di sebagian menu masakan indonesia, kemiri digunakan sebagai pengganti santan dan bahan utama bumbu dasar putih.

6. Daun Kari


Daun kari dikenal juga sebagai daun salam koja atau daun temurui. Daun kari biasanya dipakai di menu masakan aceh dan melayu.

Kalau sobat pernah makan ayam tangkap khas Aceh dan kari melayu, pasti pernah merasakan aroma daun kari.

Demikian Daftar Bumbu Dapur Lengkap Part 3 ya. 


Referensi;




Freepik


https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kemiri
SHARE 8 comments

Add your comment

  1. Wah aku belum pernah masak pakai kayu manis dan bunga Lawang, bahan masakan seadanya yang mudah didapat aja, hehe. Masaknya juga sederhana oseng² dan sayur aja 😂 btw aku juga baru tau ternyata kemiri kaya gitu buahnya ya 😂

    BalasHapus
  2. Wah baru tau tanaman daun kari nih aku. Kemana aja. Hihi. Itu yang biasa dipakai buat bikin bumbu kari ya mba?

    BalasHapus
  3. Kalau masih gadis dulu, dari 6 bumbu dapur ini saya cuman taunya kayu manis dan cengkeh aja. Baru setelah menikah sama suami yang suka makanan bergulai, jadinya belajar masak dan tau semuanya deh hehehe :)

    BalasHapus
  4. Ada satu bumbu dapur yang kurang bersahabat denganku, yaitu kapulaga. Entah kenapa agak kurang cocok dan membuat panas bibir (jadi dewer haha). Tapi kalo ada di masakan India asal tidak banyak makannya, masih bisa lah icip-icip...

    BalasHapus
  5. Dari sekian bumbu yang disebut di atas, ada satu yang belum pernah saya gunakan, yakni daun kari. Ya wajar sih, masakan Jawa tidak pakai daun kari kan? Bahkan, di keluarga saya memang jarang pakai bumbu macam-macam. Saya baru mulai memasak pakai kapulaga (dan bunga lawang) setelah tinggal di Sumatera Utara.

    BalasHapus
  6. Kemiri nih favorit banget digunakan sama emak saya.
    Aroma makanannya jadi lebih terasa banget kalau ada bahan yang satu ini

    BalasHapus
  7. Daun kari ini favorit banget. Fix bener nih, daun kari sering digunakan untuk masakan khas aceh apalagi untuk buat masakan ayam tangkap.

    BalasHapus
  8. Saya jadi mulai hapal semua bumbu meskipun kadang masih suka ketukar, sangat bermanfaat sekali mba untuk artikelnya, membantu orang-orang menghapal bumbu dapur yag menurut saya akdang suka mirip2

    BalasHapus

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama.

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting