Enam Alasan Kenapa Ibu Caesar Harus Olahraga

in , by Rizka Amita Ridwan, Maret 27, 2023

"Ini perlu dioperasi caesar, Pak," kata Bu Dokter pada suamiku. Dialog itu terjadi di luar ruang bersalin.

Suamiku mengiyakan, tapi dia minta izin untuk memberitahuku terlebih dulu. Dan aku nurut saja. Hal sedarurat ini aku nurut dokter. Tidak mau bertahan hendak normal. Aku kuat tetapi bayiku tidak kuat. Bukaan tujuh tidak bertambah dari jam empat ke enam Subuh. 



Tindakan harus diambil. Denyut jantung bayiku menurun. Ia harus segera dikeluarkan. Bismillah akhirnya operasi dilakukan jam tujuh pagi. Aku sempat down. Apa kata orang jika anak pertama lahir normal, anak kedua caesar? Bahkan aku yang rajin jalan pagi sebelum melahirkan sampai berpikir, buat apa aku jalan pagi demi bisa melahirkan normal, kalau akhirnya operasi juga?


Ada yang punya pendapat sama? Mari kita bahas satu persatu.


Operasi Caesar vs Normal


Menjalani persalinan normal adalah idaman semua wanita. Selain lebih alami, biaya persalinan normal lebih murah. Faktanya, tidak semua wanita bisa menjalani persalinan normal. Ada yang harus caesar karena alasan medis. 


Masih ada anggapan di masyarakat bahwa olahraga hanya dibutuhkan untuk persalinan normal. Padahal ibu pasien caesar pun perlu olahraga.


Baik pasien normal maupun caesar sama-sama perlu olahraga. Olahraga bisa berupa jalan pagi, yoga, dan senam ibu hamil. Berikut alasannya:


  1. Olahraga mengurangi stress

Wanita mengalami banyak perubahan baik fisik maupun mental selama hamil. Dengan olahraga akan menambah hormon endorfin di tubuh. Hormon endorfin adalah hormon pereda rasa nyeri. 

Olahraga pada ibu hamil dilakukan 1-2 bulan jelang persalinan. Bisa berupa jalan pagi atau senam hamil.


  1. Olahraga menambah jumlah oksigen di tubuh ibu dan bayi.

Tubuh butuh oksigen sekitar 90%. Ibu hamil yang menghirup lebih banyak oksigen akan lebih sehat, dan lebih cepat pulih pasca bersalin normal atau caesar. Bayi yang mendapat oksigen semasa dalam kandungan, akan lebih sehat dan punya daya mendorong dirinya keluar dari rahim, dibanding bayi yang kurang dapat oksigen.

Jadi pasien caesar tetap harus olahraga.


  1. Olahraga meningkatkan kesehatan fisik ibu hamil baik normal maupun caesar. 

Sebagai ibu yang mengalami kedua jenis persalinan, aku bersyukur rajin jalan pagi. Fisik jadi lebih kuat, lebih cepat pulih.


  1. Olahraga membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak. 

Saat hamil seorang wanita menjadi sulit mengambil posisi tidur. Apalagi kalau tengah malam suka bolak balik kamar mandi. 

Dengan olahraga, mood jadi bagus tidur lebih nyenyak.


  1. Harus ada Dukungan Suami.

Ibu hamil perlu dukungan suami untuk bisa berolahraga jelang persalinan. Misalnya ditemani jalan pagi. Jika suami tidak mampu menemani, bisa dengan cara membantu sebagian pekerjaan rumah sehingga istri punya waktu olahraga.

Beda lagi kalau ini persalinan kedua dan seterusnya. Minimal suami mau jaga anak sekitar setengah jam sementara istri jalan pagi. 

Olahraga ibu hamil sebenarnya tidak perlu keluar rumah. Boleh senam hamil di rumah pakai youtube. Bentuk dukungan suami seperti apa bisa dibicarakan bersama.


  1. Persalinan dengan resiko.

Ada beberapa wanita yang tidak bisa banyak gerak karena resiko pendarahan. Hal ini bisa disiasati dengan jalan jalan pagi di depan rumah. Bisa juga dengan berlatih Hypnobirthing.

Walaupun tidak bisa banyak gerak, ibu hamil tetap dapat oksigen yang bagus untuk pemulihan ibu dan bayi pasca melahirkan.


Demikianlah enam alasan kenapa ibu yang caesar perlu olahraga. Karena olahraga memberi manfaat baik bagi tubuh. Tetapi jangan berlebihan ya. Konsultasikan dengan nakes untuk jenis olahraga yang sesuai.

          







SHARE 5 comments

Add your comment

  1. Tetep olah raga memang baik buat kesehatan tergantung jenis olahraga juga sama sesuai kondisi tubuh pastinya yaa

    BalasHapus
  2. MasyaAllah luar biasa emang jadi ibu ini, mau lahiran normal ataupun sesar tetep sama2 berjuang bertaruh nyawa ya... Terima kasih sharing pengalamannya mbak. Jadi ternyata walaupun sesar, tetap bisa olahraga biar tetap sehat dan bugar ya...

    BalasHapus
  3. Olahraga memang membawa banyak manfaat. Tak cuma untuk ibu hamil, semua orang pasti bisa merasakan manfaat olahraga.

    BalasHapus
  4. Waduh ... saya paham banget ini, secara buah hati saya ada dua biji di rumah :D --- saat melahirkan memang butuh kekuatan super ekstra untuk mengejan sampai keringat segede jagung. Sepakat banget untuk berolahraga selama masa kehamilan.

    BalasHapus
  5. Thank You infonya... Olahraga memang banyak memberikan manfaat, btw anak ke berapa Mom?

    BalasHapus

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama.

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting