Tips Bagaimana Cara Mengatasi Anak GTM Part 3

in , by Rizka Amita Ridwan, April 10, 2023
Setelah part 2 membahas tiga tips pertama bagaimana cara mengatasi anak GTM yaitu kenalkan rasa lapar, makan bersama, dan tanpa TV juga HP. Sekarang saatnya untuk masuk ke poin ke empat:

4. Tegas.

Peraturan harus ditaati. Tidak ada tawar menawar.
Hasilnya, Alhamdulillah mereka mau makan hampir semua yang dimasak emaknya. Kalau ada yang mereka tidak suka, bukan masalah. Tidak ada cerita, tidak mau makan ikan gulai lalu emaknya masak telor dadar. Solusi paling gampang ya itu ikan dikupasin sama, lalu ditaruh di piring anak.
Sumber Foto: Freepik

Lalu apakah harus tegas di semua lini kehidupan anak? Tidak juga. Ini hanya berlaku untuk hal semisal sholat, istirahat dan makan. Pada akhirnya anak tetaplah seorang manusia yang punya kemauan sendiri.


5. Anak Sudah Mandi

Awal-awal punya anak, aku berpikir enaknya kalau anak bangun tidur, makan, lalu mandi jadi bersihnya sekalian. Faktanya makan si anak jadi lama. Coba bandingkan ke diri sendiri. Baru bangun, pampersnya penuh, disodori semangkuk bubur, apa nafsu makan?

Yang ada makannya jadi lama, bisa 40 menit. Mana piring dan cucian menumpuk belum dikerjakan ya.

Alhasil aku ubah pola makan anak. Dari sebelum mandi ke sesudah mandi. Dari anaknya disuruh makan sendiri tapi emaknya mondar mandir ke makan bersama. Anak dan emak hadap hadapan dengan piring masing-masing.

Lalu makan sambil cerita. Masyaa Allah Tabarakallah. Makannya tidak sampe 15 menit. Minta tambah lagi! Senangnya!


6. Feeding Rules.

Berapa lama jam makan anak? Setengah jam? Satu jam? Atau 15 menit? Anak juga perlu belajar bahwa makan ada batas waktunya. 
Kalau teman-teman ada punya anak atau keponakan yang makannya suka didiamkan di mulut, dikunyah lama, itu karena tidak ada pembatasan waktu makan. Yuk coba mulai terapkan feeding rules ini.


7. Disuap atau Makan Sendiri.

Awal awal MPASI biasa bayi disuap. Saat anak mulai GTM, coba biarkan anak makan sendiri. Dengan bayi menyentuh sendiri makanannya, membuat dia ingin tahu tekstur dan rasa makanan. Masalah berserak itu pasti ya. Abaikan saja yang berserak itu. Pastikan juga porsi makanan sesuai umur. Lambung balita masih kecil.


8. Peran Ayah

Dear ayah. Jika ibu sudah mencoba berbagai cara dan anak belum mau makan, gunakan ketegasanmu, otoritasmu, supaya anak mau makan.
Anak bisa saja menolak makan karena ibu marah-marah sambil makan. Tetapi belum tentu menolak makan kalau ayah sudah
turun tangan. Apalagi kalau makannya sambil cerita, bercanda. 
Jika anak belum bisa makan sendiri, boleh ayah suapin. Jika anak sudah bisa makan sendiri maka ayah bisa makan juga di depan anak.


9. Berdoa.

Ini bagian paling pentingnya. Semua yang kita lakukan di dunia, bahkan daun yang jatuh adalah kuasa Tuhan. Maka berdoa jadi solusi terbaik

Demikianlah tips bagaimana cara menghadapi anak GTM. Satu yang pasti memang harus sabar. Menanamkan kebiasaan baik butuh waktu dan kerja sama ayah bunda. Semoga berhasil.

#BloggerPerempuan
#BPNRamadhan2023
#tulisanke5






SHARE 12 comments

Add your comment

  1. Anak sudah mandi, ini keliatan sepele ya bun tapi ternyata efeknya besar. Aku sendiri di rumah juga membiasakan anak bangun tidur mandi dulu, baru makan, kecuali ada kondisi khusus misal lagi sakit. Tapi emang paling enak tuh makan pas kondisi badan sudah bebersih.. Ini jadi lebih seger, menyantap makanan pun jadi lebih berselera gitu. Bener banget, jangankan di anak, wong orang dewasa aja gitu kok aku ngerasanya..

    BalasHapus
  2. ya nih menghadapi anak-anak yang suka GTM memang butuh strategi, untungnya anak-anakku hobi makan wkwkwk bahkan sampai kuliah hobinya masih sama, yaitu makan untung bukan tipikal badan yang mudah gemuk. Tapi banyak juga anak-anak tetangga yang susah sekali makan, bahkan satu suapan saja diemut lama di mulut. Orangtua terutama ibu harus punya strategi supaya anak makan lahap dan anti GTM.

    BalasHapus
  3. Aku dulu bener-bener mengalami anak GTM. Pas diubah pola makan sekeluarga dari makan sendiri² jadi sama² satu meja, efeknya bener² kelihatan. Nggak langsung tapi ada kemajuan dari mau nyoba makan sendiri sampe sekarang makan lahap.

    Itu semua memang harus dicontohkan ya bun.. ❤️❤️❤️

    BalasHapus
  4. Hem ... Boleh juga nih tips untuk bikin rule dengan tegas. Niscaya kalau ditegakkan aturannya dengan komitmen, anak akan paham ya.

    BalasHapus
  5. Thanks tipsnya kak, berguna banget buat yg punya anak sedang masa² balita ya. Tp tiap anak pasti beda² ya. Anak² sy waktu balita rasanya gak pernah GTM. Malah setelah usia sekolah si adek jd picky eater

    BalasHapus
  6. Memang ya menjadi.ibu itu perlu banyak akal apalagi disaat anak susah makan, disaat anak pilih pilih makanan, gak suka sayur buah dkk

    BalasHapus
  7. Tipsnya bermanfaat sekali mba buat para momi yang penya masalah GTM pada anaknya, sepakat banget kita sebagai orangtua yang harus tegas jangan diatur oleh anak, saya kayaknya tipikal yang ini

    BalasHapus
  8. Wah saya jadi kepo dengan part satu nya. Makasih sudah berbagi mbak..

    BalasHapus
  9. Menarik nih tipsnya kak...kyknya harus baca part 1 nya ya biar nyambung iya yg paling penting jgn lupa berdoa .

    BalasHapus
  10. Untuk tegas yang sering jadi masalah nih Bun.. Kadang seorang ayah niatnya mau tegas tapi di depan anak malah kelihatan lebih ke marah..

    BalasHapus
  11. Peran seorang Ayah di sini memang krusial banget ya.. Kadang kebanyakan ayah muda itu nganggap ya ngurus anak itu kewajiban istri seorang padahal tidak

    BalasHapus
  12. Tispnya ini bakal sangat berguna kalau ortunya punya kesabaran tidak setipis tisu ya bun hehe.

    Secara kadang kita sudah belajar tipsnya, pas praktek hatinya terlalu kecil ngelarui buah hati hati wkwk

    BalasHapus

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama.

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting