Lebaran Unik Keluarga Kami

in , , , by Rizka Amita Ridwan, Mei 11, 2023

  "Bun, kenapa aku tidak bisa sering ke rumah Nenek? Temanku sering ke rumah Neneknya, lho," tanya Khalisa, anak sulungku. Kata-kata ini diucapkan waktu Khalisa masih kelas satu SD di Lampung. Sekarang Khalisa kelas satu SMP dan ucapannya masih terngiang. 



Hati siapa tidak tersentuh dengan ucapan itu. Ucapan anak yang belum mengerti kalau keluarga mereka merantau jauh. Apalagi dulu belum ada penerbangan langsung Lampung ke Medan. Setiap mudik harus transit Jakarta. Walau badan pegel tetap semangat mudik bareng suami dan dua anak. 


A. Lima Anjuran Silaturahmi

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), silaturahmi diartikan sebagai tali persahabatan (persaudaraan). Lebaran adalah moment tepat untuk bersilaturahmi. Bagi orang yang tinggal beda kota dengan keluarganya, ini dinamakan mudik. Ada banyak hadits yang menganjurkan silaturahmi di antaranya:


1. QS An-Nahl ayat 90,
“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berbuat adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat. Dan dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran."

2. QS Al-Hujurat 10,
"Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu. Dan takutlah terhadap Allah supaya kamu mendapat rahmat."

3. QS An-Nisa' ayat 36,
"Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, Ibnu Sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri."

4. Hadits Nabi,
"Beribadahlah pada Allah SWT dengan sempurna jangan syirik, dirikanlah sholat, tunaikan zakat, dan jalinlah silaturahmi dengan orangtua dan saudara." (HR Bukhari).

5. Hadits Nabi,
"Kekerabatan itu berada di Arsy, ia berkata, 'Siapa yang menyambung ku niscaya Allah akan menyambungkan kepadanya (kebaikan), dan siapa yang memutusku, maka Allah akan memutus darinya (kebaikan)." (HR Bukhari dan Muslim).

Jadi silaturahmi adalah kewajiban kita sebagai umat manusia. Dengan silaturahmi maka kita menjalankan ibadah, menjaga kerukunan, dan menjadi salah satu kunci masuk surga.

Karena itu, tidak heran walau silaturahmi butuh waktu dan biaya, orang tetap melakukannya. Karena silaturahmi adalah bagian birrul walidain. Sehingga bisa menghapus dosa dosa kita dan berbakti kepada orang tua.


B. Ragam Alasan Mudik

Coba tanyakan pada perantau, apa alasan terbesar mereka saat mudik. Maka jawabannya beragam. Misalnya:
  1. Momen silaturahmi dengan keluarga,
  2. Ingin mengenang masa kecil yang cuma  makan tidur main,
  3. Ingin berada dekat orang tua yang mulai renta,
  4. Ingin merasakan lagi hidup tenang tanpa kemacetan ibukota,
  5. Memperkenalkan anggota keluarga baru ke keluarga besar. Misalnya istri dan anak,
  6. Sebagai bentuk penghormatan kepada orang tua,
  7. Bagian dari ajaran agama, agar anak-anak yang merantau tetap terhubung dengan orang tuanya,
  8. Mau bertemu calon istri/suami, lalu lamaran. Bagian ini seru, lho!
  9. Momen merasakan kembali masakan ibu, comfort food terbaik yang pernah ada.
  10. Ziarah. Salah satu tujuanku mudik juga untuk ziarah ke makam almarhum papaku di kota Medan. Papa meninggal tahun 2011. Dua tahun setelah aku menikah.

C. Lebaran Unik Keluarga Kami

Dua tahun terakhir keluarga kami menjalani lebaran yang cukup unik. Sebagai warga asli kota Medan, aku dan suami mudik dari Bekasi ke Medan. Tetapi ibuku yang warga asli Medan, justru mudik ke Jakarta karena tiga orang saudaraku bermukim di pulau Jawa.

Tiga belas tahun menikah, kami sudah pindah enam kali dari Medan ke Banda Aceh, Makasar, Manado, Lampung, Makasar lagi, dan sekarang Bekasi. Kalau ditanya bagaimana caranya jadi perantau, rasanya nano-nano.. Aku pernah hamil muda di Makassar, suamiku di Manado. Dengan kondisi tidak ada satupun keluarga di kota yang kami tinggali. Lalu kehamilan itu berakhir dengan keguguran. Sendiri di perantauan bisa seberat itu.

Memang tak mudah berusaha kuat disaat kita benar-benar butuh sandaran. Mungkin orang-orang terkasih tidak bisa hadir secara fisik di saat kita butuh. Tetapi mereka bisa hadir secara virtual berkat adanya jaringan Internet. Alhamdulillah sekarang, semua orang bisa terhubung tanpa batas, kapanpun, dimanapun.


D. Silaturahmi Makin Lancar dengan IndiHome.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, ada 56,7 % penduduk Indonesia yang tinggal di wilayah perkotaan pada 2020. Dan dipastikan angkanya meningkat di tahun 2023. Ini belum termasuk penduduk kota besar yang merantau ke daerah dengan berbagai alasan.

Aku jadi ingat saat covid melanda di 2020 silam. Aku tidak bisa pulang kampung karena bandara ditutup untuk semua penerbangan.

Di Lebaran 2023 ini pun kami belum bisa berkumpul dengan formasi lengkap. Tetapi, kami bisa bertukar kabar dengan saudara-saudara yang terpisah kota.

Seperti foto di bawah ini. Aku bisa tahu Keluargaku sedang ada di Bogor. Aku bisa tahu kalau Uwak kami sekeluarga sehat. Aku juga bisa tahu kalau ponakan sudah lulus smp, sma, dan masuk bangku kuliah. Walau posisiku ada di Medan, Alhamdulillah komunikasi tetap lancar tanpa batas berkat IndiHome dari Telkom Indonesia. 

Sebagai Internet Provider sejak lama, Telkom Indonesia menyediakan jaringan Internet sesuai kebutuhan konsumen.


Alhamdulillah, gadis kecil yang dulu bertanya kenapa dia jarang jumpa Nenek, mulai menerima kenyataan bahwa kami tinggal beda kota dari saudara. Tetapi tetap bisa menghubungi Nenek dan saudara-saudara lainnya melalui handphone. Bahwa kehidupan yang kami jalani tidak seperti  orang lain yang sering bertemu Nenek.

Kabar baiknya, Alhamdulillah kami sudah berkumpul dengan Nenek Khalisa di Bekasi. Ada banyak hal yang diceritakan Nenek. Termasuk kisah nenek pernah jadi vokalis band waktu kelas satu SMP di tahun enam puluhan. Ternyata nenek gaul juga ya! 

Dengan jaringan Internet jarak bukan lagi masalah. Kita bisa berkomunikasi tanpa batas. Bisa terhubung dengan saudara yang tersebar luas di Indonesia. Bisa bertukar kabar. Juga bisa berkonten ria dengan lancar. 

#InternetnyaIndonesia, #AktivitasTanpaBatas, #BerkontenRiaBersamaIndihome,
#LombaBlogIndiHome


Referensi:
- Https://www.detik.com
- Https://indihome.co.id/
- Https://databoks.katadata.co.id/










SHARE 22 comments

Add your comment

  1. Hihi sama nih. Saya juga jarang mudik, tapi alhamdulillah silaturahim dengan keluarga di Jogja sampai Kalimantan masih bisa dilakukan. Caranya video call manfaatin internet dari IndiHome. Banyak sekali ya manfaat silaturahim. Saya pernah juga ikut kajian tentang silaturahim ini, masya Allah semoga dimudahkan dalam menjalankan silaturahim dengan banyak sanak saudara dan kerabat.

    BalasHapus
  2. Luar biasa tradisi mudik bagi perantau jauh tentunya menjadi ladang pahala untuk menjaga tali silaturahmi. Yang jauh terasa dekat dengan adanya internet dan media sosial

    BalasHapus
  3. Dengan internet, alhamdulillah bisa memangkas jarak, ruang dan waktu sehingga hikmahnya menjadi bisa bertatap wajah, mengobrol, meski raga tidak benar-benar bertemu. Semoga dengan teknologi, kita bisa memanfaatkannya untuk kebaikan selalu.

    BalasHapus
  4. Bener banget, silahturahmi tetap terjalin meskipun tinggal berjauhan berkat internet, bahkan banyak kakek dan nenek bisa melihat cucu yang baru lahir serta tinggal berjauhan hanya melalui video call, sungguh ada banyak manfaat internet cepat seperti IndiHome yang membuat hubungan keluarga tetap erat sekalipun berbeda kota, pulau, bahkan negara.

    BalasHapus
  5. Berkah internet, silaturahmi bisa dilakukan secara online. Meskipun kita tak bisa memeluk mereka, setidaknya bisa melihat wajah mereka.

    BalasHapus
  6. Ya Allah seru banget. Semoga semua keluarga Allah kumpulkan lagi di surganya ya mb.. berkah silaturahmi nya

    BalasHapus
  7. Kebayang beratnya merantau Mbak, di kota orang tanpa keluarga, semua harus bisa dilakukan secara mandiri. Alhamdulillah tp senang ya sekarang, fasilitas seperti video call kini hadir di antara kita. Memudahkan orang-orang yang memang belum berkesempatan mudik. Dengan biaya terjangkau, wajah-wajah yang kita rindukan pun bisa segera hadir di hadapan.

    BalasHapus
  8. Memang adanya internet membantu srkali ya mbak untuk mendekatkan yanh jauh. Memang menjadi perantau rasanya nano nano, saya pun merasakanny. Semangat selalu

    BalasHapus
  9. Lebaran itu memang momen paling menyenangkan buat saya karena biasanya akan berkumpul dengan keluarga semuanya dan pasti ada aja keunikan yang bakal tak terlupakan

    BalasHapus
  10. Aku juga selalu mudik untuk menjaga silaturahmi dengan keluarga ibu di desa

    BalasHapus
  11. Bersyukur banget rasanya, meskipun beda kota dan cukup makan waktu kalau pulang ke rumah orang tua tapi alhamdulillah masih tetap bisa silaturahim pas lebaran. Semangat diperantaun mba, semoga anak mba bisa sering ketemu neneknya kelak

    BalasHapus
  12. Sama, Mbak..sejak gadis lanjut ngikut suami, saya pindah-pindah jauh dari ortu. Maka karena kini sudah menetap di Jakarta kalau ada waktu saya usahakan pulang ke Kediri, biar anak-anak kenal keluarga besar ibunya. Syukurnya kini berkat internet kami bisa terhubung online kapan saja

    BalasHapus
  13. Internet memudahkan ya mbak, terasa banget saat pandemi lalu, hamir semuanya tergantung internet, kerja dan belajar dari rumah, bertemu saudara hanya bisa online, acara kirim doa juga online

    BalasHapus
  14. Indihome emang memudahkan segalanya. Cuma bagi kami, tidak sah pulang kampung kalau tidak bertatap muka dan berkunjung.

    BalasHapus
  15. Momen mudik memang jadi tradisi di Indonesia. Kangen dengan orang tua saat di perantauan dan berkumpul dengan saudara lainnya pasti jadi hal yang ditunggu-tunggu. Teknologi pun bisa menyatukan yang jauh.

    BalasHapus
  16. Untung ada IndiHome ya, Mbak. Saat rindu terhalang jarak dan waktu, fasilitas internet dari provider terbaik memang sangat kita butuhkan.

    BalasHapus
  17. Banyak yang merantau jadi belum tentu bisa pas ketemunya ya kak. Internet memang bisa membantu berkumpup walau via smartphone saja

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah lebaran kali ini dapat berkumpul kembali ya mba. Peran internet memang luar biasa, mendekatkan yang jauh dan juga menjaga silaturahmi antar keluarga tetap utuh walau hanya dengan perantara smartphone saja :)

    BalasHapus
  19. Lebaran tanpa mudik rasanya pasti sepi bagi perantau yang ingin menjalin silaturahim.
    Dulu juga waktu saya kecil mudik ke kampung. Setelah dewasa dan menikah serta tinggal di kampung, pernah coba mudik ke Bandung meski tidak punya rumah lagi di sana. Cuma mengunjungi saudara pihak almarhum bapak di daerah Kiaracondong dan pihak suami di daerah Baladewa sekalian ziarah karena waktu adik nenek suami meninggal, kami tidak bisa melayat

    Setelah pandemi tidak berani ke luar kota lagi. Hubungan silaturahim terjaga berkat internet. Kemarin juga cuma video call dengan saudara pihak bapak di Pangandaran.

    Jaringan internet yang baik sangat dibutuhkan.

    BalasHapus
  20. Lebaran tanpa mudik rasanya pasti sepi bagi perantau yang ingin menjalin silaturahim.
    Dulu juga waktu saya kecil mudik ke kampung. Setelah dewasa dan menikah serta tinggal di kampung, pernah coba mudik ke Bandung meski tidak punya rumah lagi di sana. Cuma mengunjungi saudara pihak almarhum bapak di daerah Kiaracondong dan pihak suami di daerah Baladewa sekalian ziarah karena waktu adik nenek suami meninggal, kami tidak bisa melayat

    Setelah pandemi tidak berani ke luar kota lagi. Hubungan silaturahim terjaga berkat internet. Kemarin juga cuma video call dengan saudara pihak bapak di Pangandaran.

    Jaringan internet yang baik sangat dibutuhkan.

    BalasHapus
  21. Kebayang keluarga saya yang tinggal di bantul sana. Dulu hanya ada telepon merah putih dari Telkom. Pasti saat ini telah berkembang pesat ya, secara telkomsel hadir di seluruh kecamatan di Indonesia.

    BalasHapus
  22. Wiih pindah-pindah ya kak..
    jadi tahu dong setiap daerah punya keunikannya masing-masing.
    O iya IndiHome ini memang solusi banget silaturahmi tetap terjaga

    BalasHapus

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama.

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting