Tips Senam di Rumah untuk Orang Sibuk

in , by Rizka Amita Ridwan, September 07, 2021






Ada yang pernah merasa gemuk? Merasa ukuran baju makin besar? Kalau pernah...tandanya kita sama. Mak, ada yang cita cita langsing tapi hobi makan? Kalau ada...kita sejenis. Mak,  ada jugakah yang gak tega sama sisa makanan anak? Kalau ada, mari bikin grup WA. Mak seluruhnya, adakah yang  jarang senam? Kalau begitu, kita sama lagi, hehehe.

Apa Marimar? Senam? Lu gak tahu  aku sibuk? Pagi siang malam urus anak dan keluarga? Mana sempat mau senam? Apalagi kalau ke sanggar keluar rumah, makin gak sempat ya kan? Ini jawaban seseemak sebut saja namanya Bunga, saat ditanya kenapa gak sempat olahraga (padahal hari hari punya waktu dua jam buat internetan).

Selalu ada alasan. Mau nge-gym itu butuh biaya bulanan, belum baju senam yang  harganya lumayan, belum dress code kalau arisan anggota senam. Sementara diri ini, dari segi dana dan waktu, masih kurang. Kadang dana ada, waktu ada. Eh, bayi kecil tak bisa ditinggal. Maunya nemplok emaknya seharian. Kan susah keluar rumah? Belum antar jemput anak, belum urus rumah, belum masak, belum jadwal kelonan. Belum kalau kerja. Ada juga yang ada waktu, dana tidak ada. Nah, kondisi tiap orang beda beda .  Kalau aku, kadang di kondisi pertama, kadang kedua.

Untuk Mak sekalian yang ada di kondisi pertama ataupun kedua, sini Mak. Aku punya tips untuk senam dirumah.  Cukup sepuluh menit sehari, empat sampai lima kali seminggu. Kalau ini sudah rutin, patenlah. Tidak perlu satu jam sehari kalau waktu kita terbatas.  Yang realistis saja. Apa tipsnya? Senam modal Youtube, cocok untuk orang sibuk.

Zaman online begini, HP jangan cuma dipakai bergosip,  unfaedah. HP bisa juga dipakai untuk cari video senam ringkas yang bisa dipraktekkan di rumah. Tapi susah cari video yang sesuai? Ini ada beberapa video instruktur senam yang recommended buat kita. Dengan rentang waktu sepuluh sampai lima belas menit, minim high impact, dominan low impact, video senam kali ini cocok banget untuk Mamak yang bertubuh semok dan susah lompat seperti aku. Siapa saja? Ini dia.

1.  Berty Tilarso
2.  Feni Rose
3.  Fesya Sahara
4.  Skwad Fitness
5.  Yulia Baltschun
6.  Denise Austin
7.  Keaira Lashae
8.  Tiffany Rothe
9.  Amy Wong
10. Leslie Sansone
11.Jessica Smith
12.Linda Edler
13.Sunny Funny Dance

Nama nama di atas adalah para instruktur senam yang tak diragukan lagi. Tinggal ketik di kolom pencarian, Berty Tilarso sepuluh menit,  akan muncul videonya. Poin satu sampai sembilan sangat bagus untuk pemula karena mereka punya video low impact. Selain itu mereka juga punya video untuk tingkat lanjut berdurasi di atas tigapuluh menit Kalau kita sudah lancar dan sudah rajin mengikuti setidaknya salah satu instuktur senam yang sepuluh menit selama sebulan, rutin tiga sampai empat kali seminggu, tandanya sudah boleh meningkatkan intensitas. 

Apa maksudnya? Maksudnya adalah, yang tadinya rutin sepuluh menit sehari, bisa diperpanjang ke lima belas menit sehari. Cari saja videonya masih dari instruktur yang sama. Dulunya sepuluh menit sehari, tiga sampai empat kali seminggu, sekarang jadi lima belas menit sehari, tiga sampai empat kali seminggu.

Ini rutin, sudah bagus. Kita olahraga dengan durasi yang realistis. Tapi ya itu...alokasi waktunya harus ketat. Aku juga tak bisa satu jam sehari olahraga, jadi aku tidak menyarankan itu, hihihi.

Target awal olahraga sepuluh menit sehari adalah sehat, mencegah penyakit. Kalau sedang diet dan mengurangi berat badan, sepuluh menit sehari rasanya kurang, kecuali diikuti dengan defisit kalori. Kapan waktu bagus untuk senam? Idealnya pagi. Tapi bisa juga siang atau sore.

Kalau punya bayi ASI dan tak bisa dilepas bagaimana? Ya dilatih, disusui sebelum senam. Bayi bisa dilatih menunggu sebentar, hanya sepuluh menit tak lama.

Oh ya. Senam di YouTube itu, latar lagunya macam macam.  Kalau Mak suka irama asli Indonesia, bisa pilih Berty Tilarso,  Fenny Rose, Fesya Sahara. Kalau suka nada saja tanpa lagu, bisa pilih Yulia Baltschun, Skwad Fitness, Leslie Sansone, Denise Austin, Tiffany Rothe, Amy Wong. Kalau suka lagu barat yang rada nge beat ala ala rapper, bisa pilih Keaira Lashae. Kalau suka zumba, bisa pilih Keaira Lashae dan Linda Edler . Kalau suka lagu Korea sekaligus Zumba, bisa pilih Sunny Funny Dance. Senam di rumah apa harus pakai baju senam? Tidak dong. Pakai daster juga bisa.

Untuk yang tak suka lagu, ada opsi juga. Kecilkan suara, hanya ikut gerakan senam. Tapi, satu poin penting, namanya video senam kan bajunya minimalis. Sebaiknya cari tempat yang tak dilewati suami atau anak laki.  Atau senam di waktu rumah sepi. Jadi kita menjaga pandangan mata Ayang Beb juga. 

Oh ya. Di awal awal senam, jika badan terasa lelah, istirahat sebentar. Turunkan intensitasnya. Misal di You Tube lompat lompat, kita jalan cepat. Atau di YouTube jalan cepat, kita jalan lambat. 

Pengalaman pribadiku dulu, pernah asam urat. Suami juga kolesterol tinggi.  Soalnya aku kegemukan dan tidak jaga makan. Ke dokter sudah. Karena ini masih gejala awal, kami memilih untuk olahraga dan jaga makan. Alhamdulillah lima tahun setelah itu, penyakit ini belum pernah kumat lagi. Tapi ini hanya untuk penyakit ringan gejala awal ya. Kalau sudah berat, ya harus konsul ke dokter. Berhasil di kami belum tentu bisa berhasil di orang lain.

Sekian tips retceh dari author. Di tengah virus Corona, olahraga juga meningkatkan imunitas kita.  Karena keluarga butuh kita. Yuk olahraga, sepuluh menit sehari, cukup. 

Bekasi, 10 Maret 2020
Rizka Amita Ridwan
Penulis Buku 'Yes, You Can. Diary ASI Ibu Baru dan Perjuangan Menghadapi Babyblues.’
Bitread.

Pemesanan buku bisa via WA 0877 75640471.
Bisa dari sopi harga 50k.

.
SHARE 0 comments

Add your comment

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama. Untuk info bisa ke wa.me/+6287775640471

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting