Tips Belajar Baking untuk Pemula

in , by Rizka Amita Ridwan, January 26, 2022

 





















Cerita ini berawal dari masa pandemi. Waktu itu semua belajar online dan WFH. Seharian berada di rumah, membuat mulut selalu mencari makanan. Mulai dari anak, suami, sampai akupun melakukan hal yang sama, ngemil. Jadi jangan heran kalau timbangan kami pada nganan (Tapi ku bersyukur karena tidak cuma aku yang nganan, xixixi.)

Anak anakku tiap sebentar tanya ke aku. “Bun. Ada kue? Bun, masak apa hari ini? Aku makan ya?”

Aku masih sempat masak. Tapi tidak sempat buat cemilan. Akupun berinisiatif untuk pesan makanan online. Sebagai emak emak doyan diskon, aku cari makanan yang besar, enak, dan murah, di aplikasi babang kurir.

Ada sih, yang besar dan murah. Tapi pas dirasa kok ga enak? Ada juga yang enak, tapi mahal. Di bagian ini memang aku lagi ngayal. Padahal mah aku tahu ada harga ada rasa. 

Masalahnya lagi di daerah rumah kami tidak ada warung. Kalau mau beli cemilan, harus pakai jilbab, kaos kaki, naik motor, plus bawa pasTukan yang suka siaga kalau emaknya rapi, mintak ikut.

Perpaduan dari beberapa hal di atas, membuatku ingin bisa buat kue, atau baking. 

Di zaman sekarang namanya belajar buat kue itu, asal mau, banyak tutorialnya ya kan? Banyak resep masak memasak. Tinggal cari saja, misalnya. Resep bolu mudah tanpa telur. Resep donat anti gagal.  Langsung itu resep dari yang termudah sampai tersulit, muncul di layar HP. 

Sebagai Ibu masa kini, tentu aku cari yang termudah. Keterlaluan kalau aku cari yang tersulit. Seperti bukan diriku, wkwkwk. Jangankan resep masak memasak. Resep disayang suami pun ada di YouTube. Uhui!

Dulu waktu anakku masih kecil, aku sempat bernazar, tidak akan mau belajar buat kue. Bisa masak tiap hari saja sudah Alhamdulillah, Tapi memasuki pandemi, keinginan untuk bisa buat kue itu, menggelora! Apalagi lihat anak yang bolak balek makan dan lihat harga kue, plus rumah jauh dari pasar.

Sampai hari ini statusku masih jago kandang. Pernah sih aku open order, tapi tidak laku. Karena akulah di antara teman temanku yang terakhir bisa baking. Orang lain udah duluan, aku terakhir. Mau ketawa takut yang lain juga ketawa.

Jadi, apa saja tips bagi pemula jika ingin bisa baking dari rumah? Ini aku uraikan satu persatu ya? 

1. Niat

Niat itu paling menentukan. Niat kita belajar baking, misalnya, ingin menyediakan cemilan sehat untuk keluarga. Ingin menghemat pengeluaran tapi tetap bisa ngemil enak. Ingin makan enak bisa tambah tanpa mikir.


2. Mulai dengan Bismillah

Pekerjaan apapun mesti dimulai dengan doa ya kan? Niat kita sudah baik. Tinggal selanjutnya kita berdoa supaya dimampukan dari segi waktu, motivasi, dan dana, untuk menyelesaikan pembuatan cemilan ini. 


3. Carilah resep anti gagal.

Coba searching di Yutub, resep anti gagal. Biasanya resep dengan judul ini, lebih gampang. Tapi tak selalu ya.


4. Alat sederhana

Waktu awal awal belajar baking, aku sempat searching apa saja alat baking yang cocok untuk pemula. Apakah oven listrik, oven gas, atau oven tangkring yang selanjutnya kita sebut otang.

Dengar dengar katanya, pakai otang, susah. Harus pakai feeling.  Lihat lihat, oven listrik walaupun waktunya udah di set, tetap bisa hangus. Kalau oven gas, tidak direkomendasikan untuk pemula. Karena oven gas muatannya besar. Gak cocok untuk pemula. Ada memang oven gas minimalis, tapi tetap harus pakai feel juga supaya mengerti ovennya. kalau kata mentor di grup yang aku ikuti, apapun jenis ovennya, kita harus sering-sering latihan supaya kenal oven. 

Searching lagi, akhirnya pilihan jatuh ke oven sejuta umat, otang Bima. Kenapa pilihanku jatuh ke oven sejuta umat, ini? Aku kasitahu ya.


5. Keunggulan Otang

- Pakai kompor, tidak butuh daya banyak.

- Mau baking tengah malam juga bisa. 

- Biasanya lebih murah dibanding oven gas atau listrik.

- Tersedia beragam model dan warna.

-Worthed untuk pemula yang ingin melatih feel bakingnya.


6. Kelemahan Otang

- Tak bisa ditinggal tidur

- Tak bisa ditinggal scrolling dunia Maya.

- Harus sering sering dipakai supaya kenal oven.

- Kadang panasnya tidak rata jadi loyang kue harus sesekali diputar atau                    dipindah.


7. Handmixer

Namanya emak-emak, dia bisa cuek kalau lihat baju. Tapi belum tentu tahan  lihat alat masak. Nah....apalagi bagi pemula. Untuk pemula, cukup daily Use.   Kapasitas 250 gram tepung atau 500 gr adonan, sudah bagus untuk pemula. Mixer daily use malah bisa dipakai untuk 500 kg tepung atau 1 kg adonan, asal tahu triknya. Merek bebas ya.


8. Printilan Baking 

Selain oven dan mixer, ada printilan lain yang juga perlu. Misalnya rolling pin, gelas ukur, termometer oven,  dan baking Mat. Lagi, pilihlah dengan harga yang terjangkau di kantong kita. Tidak perlu alat yang mahal kalau kita baking jarang-jarang ya kan? 


9. Tak punya oven, tak masalah.

Varian cara masak cemilan itu beragam. Ada yang digoreng, ada yang dikukus. Coba deh search di yutub, Ibu ibu malah bisa baking pake wajan dan panci seadanya. Pakai kaleng bekas biskuit juga bisa panggang bolu? Ada sayang, ada!  


10. Segera.

Ini adalah bagian terpenting dari baking. Untuk masak saja kita butuh niat ya kan? Untuk baking juga. Awal awal mau beli oven sejuta umat, aku sempat tanya ke kakakku yang lebih dulu bisa baking. Apa hal penting supaya rajin buat baking. Ternyata jawabannya simpel.  

“Baking itu, selain niat, juga harus langsung dikerjakan. Misalnya, si anak minta dibuatkan brownies panggang yang super nyoklat, ya langsung dikerjakan hari itu, atau kalau mundur, ya paling lama dua hari. Lebih dari dua hari beresiko tak jadi jadi.”

Hmm...aku tersipu malu. Kok sarannya kena banget ke aku. Jangankan buat bolu coklat, bikin puding sachetan saja aku mengulur waktu. 

Tapi kalau Mom tak sempat buat, bolehlah Mom japri itu penulis artikel ini, bisa lho dia buatkan, ada nomor telponnya, xixi.


11. Bahan

Bahan bahan kue itu, ada yang murah. Ada yang sedang, ada yang mahal.  Kalau memang dana terbatas dan untuk makan sendiri, yuk kita pelajari merek apa saja yang sesuai dengan kantong kita. Bisa juga tanya di grup baking, merek apa yang harganya terjangkau tapi enak. Toko kue apa yang ada dekat. Harga itu biasanya sejalan dengan rasa. Jangan tergiur harga murah. Tapi kalau mau coba sesekali juga bisa supaya kita tahu bedanya.


12. Bandingkan

Setiap hendak bebikinan, aku selalu membandingkan antara buat sendiri dan beli, mana yang lebih realistis.

Misalnya membuat bolu pisang. Karena bahan bahannya ada dirumah dan buatnya cepat (sekitar tigapuluh menit), aku buat sendiri. Tapi kalau ingin risol, ngerjainnya lama, rasa belum tentu enak, ya sudah aku beli saja. Kebetulan ada tetangga yang jualan risol tiap hari dengan harga terjangkau. Ya aku beli ke dia. Dan kemarin, kue Ultah. Karena aku tidak bisa buat kue ultah, ya pesan ke toko dekat rumah yang sudah ada label halalnya. Sekalian meramaikan dagangan teman ya kan?

Tapi ada juga, pengerjaannya lama, tetap aku buat sendiri dibantu anak anak. Misalnya buat siomay. Ada yang enak, tapi anak anak ga cukup kalau makan seporsi. Akhirnya buat sendiri. Walaupun kadang muka anak anak cemberut pas disuruh bantu, It’s Ok. Melatih kesabaran mereka juga. 


12. Kursus Online

Zaman sekarang ada banyak sekali kursus online. Dengan keterbatasan waktu emak emak tetap bisa belajar pada master kue tanpa keluar rumah. Ada yang gratis, ada juga berbayar. Bisa saja belajar sendiri tapi kita harus bolak balik trial. 

Kalau kursus online, biasanya mentornya kasih tips dan trik. Tetap ya, kursus online tidak menjamin kita langsung pintar bebikinan. Tetap harus trial error ya. Mentor sehebat apapun kalau kita malas trial, kapan bisanya? Poin ini tidak mengharuskan kita kursus online. Kita sendiri yang memilih, kita sendiri yang tahu kemampuan kita, perlu atau tidaknya. Tapi kalau sudah bolak balik trial dan gagal terus, hayuk kursus online,


Ok. Sampai disini tips baking dari aku. Semoga bermanfaat ya. Teman-teman punya pengalaman yang sama? Sharing yuuk !

SHARE 33 comments

Add your comment

  1. Saya, nih.. Kadang mau bikin kue instan aja sering nunda.. Padahal kepinginnya bisa baking yang perfect.. Hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga mesti perfect Mba😍. Anak anak kadang, bentuk nomor dua. Rasa nomor 1.

      Delete
  2. Belum tertarik dunia baking karena aku goreng tempe aja gagal. Hiks. Sedih. Tapi suka banget jajajaaannn. hehe. Ngumpulin Niat dulu ah seperti tipsdi nomor satu :)

    ReplyDelete
  3. Saya yang samasekali ga bisa masak, juga sempet minat buat kue pas awal pandemi. Eh, karena susah, jadinya bahannya banyak yang kebuang. Sedih.

    ReplyDelete
  4. Semangat mba... Terus banyak belajar... Dan banyak2 memotivasi... Itu gambat kuenya enak banget. Kirim sih paket kue ke cilegon. Hitung2 silatirrahim. Ehem ehem ehem.

    ReplyDelete
  5. Saya juga suka dengan trial and error, Mba. Soal baking ini saya mungkin belum pernah nyobain, tapi klo bikin kue sederhana pernah, sih. Hehehe, jadi pengen nyoba baking setelah baca 12 tip Mba ini, deh. Niat oke jadi dasar yang perlu diperkuat banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Apalagi pas toko kue jauh, dan harga lumayan. Niatnya makin kuat🤣

      Delete
  6. Makasih untuk tipsnya, anak- anakku suka masak-masak biar ku kasih tipsnya ke mereka, heheh

    ReplyDelete
  7. Niat untuk nyempetin bikin, ya, mba...biasanya kalo berani coba-coba udah merupakan kemajuan. gagal ga jadi masalah, biasanya masih bisa tetep dimakan, kan, ya..hihi...

    ReplyDelete
  8. anak masih batita.. cukup ngumpulin niat dulu sm cari referensi cemilan murah hehe.. btw makasih tips beli otangnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Ga mesti diburu. Aku baru bisa belajar baking setelah anak kedua, umur 7 tahun.

      Delete
  9. jujur, aku kurag suka masak kak, hehehe. sukanya makan, jadi kadang yang masak suamiku, hehehe. tapi kalau soal bikin kue dulu aku hobi dan pasti pake otang, hihihi

    ReplyDelete
  10. Urusan baking memang bagaimana kita mau belajar sih. Kadang, dari kitanya yang enggan. Makanya nggak bisa-bisa. Hehehehe...

    ReplyDelete
  11. saya suka bebikinan gini sih mbak, tapi kadang waktunya yang belum ada, jadi buat yang simple dan anak suka aja, kadang sekalian buat frozen food

    ReplyDelete
  12. Saya suka membuat kue kak, bisa saya coba ini. Terima kasih tipsnya kak

    ReplyDelete
  13. q suka makan aja mbak, pernah nyoba tapi gagal muku, kapok saya nya 😁😁

    ReplyDelete
  14. Bisa baking tapi masalahnya yg terbesar adalah selalu pengen ngemil dan BB gak pernah mau kompromi selalu saja pengen geser ke kanan.jadi gimana dong 🤦😂

    ReplyDelete
  15. Baca artikel mba lagi, saya jadi mengumpulkan niat untuk buat kue/cemilan, walau belum tentu pake metode baking.

    ReplyDelete
  16. Aku tipe orang yang nggak bisa masak sama sekali, gak suka aja gitu. Tapi begitu menikah jadi tergerak buat belajar segala termasuk baking. Sekarang cinta banget sama baking. :D

    ReplyDelete
  17. Mau blajar baking jg tapi nggak punya oven, btw sy baru tau lho sama yang namanya otang

    ReplyDelete
  18. Huwaa udah lama nggak baking. Setelah baca ini jadi ingin baking lagi :D

    ReplyDelete
  19. Mamah saya juga bisa bikin kue belajar sendiri, apalagi dulu blm ada YouTube dan sejenisnya, tapi Alhamdulillah bisa sampai bikin kue pengantin 4 tingkat

    ReplyDelete
  20. Hiks aku iti sama mereka yg pandai urusan dapur. Keren lho.

    Wah aku sering dengar teman pakai otang meski aku belum pernah pakai. Jadi inget oven listrik yg ingin aku jual. Soale g bisa gunakannya

    ReplyDelete
  21. pas bangets nih, aku emng sdh meniatkan untuk belajar baking d rumah tp masih maju mundur....

    ReplyDelete
  22. Paling gampang emang bikin brownis panggang. Tinggal campur-campur trus jadi deh tinggal dipanggang aja. Itu dulu aku pertama kali belajar baking pakai resep brownis panggang

    ReplyDelete
  23. Yang pertama memang harus punya 'niat' yang kuat dulu untuk memulai ya mbak. Masalah resep dan printilannya itu akan nemu dengan sendirinya hehe...

    ReplyDelete
  24. Ini usaha yang patut diapresiasi, saya beberapa kali gagal buat kue. Jadi, malas sekaligus trauma palingan. He he.

    ReplyDelete

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama. Untuk info bisa ke wa.me/+6287775640471

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting