Assalamu'alaikum sobat rumahami. Kali ini aku mau share resep Bassang, bubur jagung khas bugis yang enak dan sehat. Pertama kali kenal Bassang, sekitar lima tahun lalu, waktu suamiku mutasi ke Makassar. 

Apakah Bassang itu? 
Bassang adalah bubur khas Makassar yang terbuat dari jagung putih. Sebenarnya jagung putih bukan hal baru di Indonesia. Jagung putih ini sama dengan jagung ketan putih yang banyak tersebar di kawasan Timur Indonesia. 

Dan Sulawesi, dikenal sebagai daerah penghasil jagung ketan putih. Jagung ini juga disebut jagung pulut. Hanya saja, jagung pulut biasanya dijual utuh berbentuk bongkol jagung. Dan bassang dijual dalam bentuk jagung yang sudah disisir. 






Walau lidahku Melayu, beneran ini bubur enak banget. Simpel juga. Dulu waktu di Makassar, aku bisa sering beli karena ada penjualnya, biasa dipanggil Abang atau Daeng. Daeng lewat jam delapan pagi pas deh untuk sarapan.


Tapi sejak pindah ke Bekasi, tak bisa lagi. Karena disini ga ada yang jual. Ada dijualpun harganya lumayan. Sekitar 40k sekilo dalam bentuk jagung ketan utuh. Dan 70k dalam bentuk bassang mentah, atau jagung yang sudah disisir. 

Maka saat suamiku ada urusan ke Makassar, langsunglah aku nitip kan. Harganya cuma 15k seliter. Itu bassang seliter bisa jadi sepanci besar. Kalau anggota keluarga di rumah ada delapan orang, bisa kenyang dua kali makan.


OK. Kalau begitu kita langsung saja ke Resep Bubur Bassang ya. 

Bahan  :
  1. Satu liter jagung bassang mentah yang sudah disisir.
  2. Air 3-4 liter ( Didalam air sudah termasuk santan 1 liter dari 1 kelapa).
  3. Daun pandan 4 lembar
  4. Tepung terigu 3 SDM.
  5. Garam 1-2 sendok teh.
  6. Gula pasir secukupnya.

Cara  Masak:
  1. Cuci bersih jagung bassang 3 kali, lalu rendam pakai air bersih selama 3-4 jam.
  2. Setelahnya, buang air rendaman, bassang ditiriskan, cuci sekali lagi.
  3. Siapkan air lebih kurang 2 liter ke dalam panci. Masukkan bassang mentah. 
  4. Masak dengan api sedang menuju kecil, kira-kira setengah jam, sampai bassang empuk. Jika air menyusut dan bassang belum lembut, tambah lagi airnya. Tapi hati-hati dalam menambah air ya, Mom. Pakai gelas takar. 
  5. Campurkan santan dengan tepung. Aduk rata 
  6. Jika bubur bassang sudah empuk, bisa masukkan santan yang 1 liter tadi. Lalu aduk lagi hingga tercampur rata. Tambah air jika perlu.
  7. Memasak bubur bassang jangan ditinggal, harus diaduk sesekali supaya tidak hangus.
  8. Masukkan garam, tes rasa. 
  9. Jika takaran satu liter bassang mentah terlalu banyak, sobat rumahami  masak lebih sedikit, dengan perbandingan jagung dan air, 1:4
  10. Jika sudah dingin, bisa dihangatkan lagi dengan menambahkan air sesuai kekentalan yang diinginkan. 
  11. Bassang sudah bisa disajikan. Taburkan gula sekitar 1-2 sendok teh ke tiap mangkok bubur bassang hangat.

















SHARE 30 comments

Add your comment

  1. Kelihatannya enak sekali ini. Secara saya dan keluarga kecil di rumah termasuk pecinta bubur. Hanya saja selama ini hanya bervariasi di bubur campur, bubur kacang hijau dan ketan hitam. Baru tahu kalau ada varian baru bernama bassang, bubur jagung ala daerah makassar..

    ReplyDelete
  2. Saya belum pernah makan sepertinya...jagung ketan putih untuk Bassang, bubur khas Bugis.
    Kalau menilik resepnya, gula pasir secukupnya, dan ditaburkan saat akan dihidangkan...unik ini. Jadi penasaran!

    ReplyDelete
  3. Jagung putih? Saya baru tahu dan baru lihat pertama kali ini lo, MbakšŸ§. Jadi mau bertanya sama kang sayur, kira² ada gak ya jagung putih disinišŸ¤­ Jadi pengin buat juga.

    Biasanya kalau bikin bubur itu bubur nasi atau bubur tepung aja

    ReplyDelete
  4. Oh bahan dasarnya memang khas Sulawesi juga ya. Kalau dilihat sekilas, cara pembuatannya cukup mudah. Mau coba mencicipi ah kalau ke sana.

    ReplyDelete
  5. Saya baru tahu ada varian jagung putih. Alhamdulillah, membaca artikel mba menambah pengetahuan baru tentang aneka masakan tradisional indonesia.

    ReplyDelete
  6. Ooo buburnya pake terigu ya ini mba. Kalau di Jawa kebanyakan bubur kalau ga pake beras ya tepung beras. Hal baru nih. Kapan-kapan kalau pas ada jagung pulut boleh juga nih dicobain bikin bassang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dikasi terigu sedikit supaya kuahnya kental, Mbak.

      Delete
  7. Bahannya jagung ketn putih.
    Aku pikir bawalnya baby corn, kak.. Tapi gimana memipilnya yaa..?
    Ternyata berbeda. Dan pasti rasanya gurih mengenyangkan.

    ReplyDelete
  8. Di sini gak ada jagung putih nih, bisa diganti jagung manis biasa? Eh nanti apa rasanya beda ya? Jadi pengen nyicipin kalau suatu saat bisa bertandang ke Sulawesi.
    buburnya terlihat enak dan pas buat sarapan ya?

    ReplyDelete
  9. kayaknya enak banget kak, baca ini tengah malam lagi lembur, bikin lamper pisan. pengen cobain buat, keliatannya cukup mudah ya buatnya dan bahannya juga mudah dicari

    ReplyDelete
  10. Baru pernah denger makanan ini, saya pernah ke Makassar tapi puluhan tahun lalu pas masih SMP. Tapi memang banyak kuliner2 yg baru saya cicipi...enak dan seru.

    ReplyDelete
  11. Baru tau resep ini.. Aku belum nyobain tapi kayanya enak banget. Jadi pengen nyoba bikin weekend nanti nih.

    ReplyDelete
  12. Rasanya bagaimana, Mbak? Jadi penasaran. Apakah sama rasa jagungnya atau ada sesuatu yang beda.

    ReplyDelete
  13. Baru tahu ada jagung putih. Kelohatannya enak ya. Kalau diganti jagung kuning biasanya otu bisa nggak ya?

    ReplyDelete
  14. Daku blom pernah makan bubur khas Bugis ini Mbak. Pasti rasanya so nyummi, ini asin berarti yaa?

    ReplyDelete
  15. Belum pernah makan ini. Saya tuh termasuk suka icip-icip makanan. Berharap ada yang jual ini di kota saya.

    ReplyDelete
  16. Aku baru tau kalau jagung itu ada varian yang putih dan bisa dijadikan bubur juga
    Kebayang enak dan gurihnya sih ini dan kenyang juga karena mengandung karbohidrat

    ReplyDelete
  17. unik sekali ini resepnya, saya taunya cuma bubur ayam hehehe kebetulan suka banget sarapan bubur ayam pake sate usus. kalau nyobain bubur bassang kira-kira cocok gak ya sama lidahku, hmm...

    ReplyDelete
  18. Menarik, aku baru dengar Basang ni, pas buka puasa bersama kemarin temanku ada bawain cemilan khas bugis juga, yang pisang dikukus tapi aku lupa namanya

    ReplyDelete
  19. Wah saya baru tahu nih bassanb dab jagung ketan putih ini. Selama ini tahunya masakan Makassar itu Coto Makassar ternyata ada bubur khas juga ya

    ReplyDelete
  20. Wah baru tahu ada bubur Bassang, kelihatannya enak. Jadi ingin nyoba juga.

    Terima kasih untuk resepnya. Nanti nyoba bikin ah.

    ReplyDelete

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama. Untuk info bisa ke wa.me/+6287775640471

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting