Tips Menjalani Kehamilan Sehat di Semua Umur

in , by Rizka Amita Ridwan, June 09, 2022




Assalamu’alaikum sobat rumahami. Kali ini rumahami mau sharing tentang  tips menjalani kehamilan sehat di semua umur, baik itu di bawah 40 tahun, maupun di atas 40 tahun. 


A. HAMIL HARUS SEHAT


Kehamilan adalah anugerah bagi pasangan suami istri. Sebagai anugerah dari Tuhan, kehamilan harus dijaga.  Hamil tidak sekedar membesarkan janin menjadi bayi, tapi bagaimana menjalani kehamilan dengan bahagia. Di sini yang menjalani kehamilan tidak hanya ibu ibu ya. Tapi bapak-bapak juga. Kan ibu-ibu hamil karena ada bapak-bapak, eh.


Tulisan ini dibuat sebagai tugas ODOA  dengan menulis liputan dari webinar Indiscript dan PT Kehamilan Sehat Sejahtera, yang bertema, Hamil harus Sehat.


Kenapa hamil harus sehat? Karena Ibu yang Sehat akan melahirkan anak yang sehat.  Hamil itu tidak ringan, teman. Dengan masa sembilan bulan, pasti banyak hal yang dialami. 


Mengutip pernyataan Pak Agus Jatmika Soegiarto selaku CEO PT Kehamilan Sehat Sejahtera, “Ibu yang Sehat akan Melahirkan Anak yang Sehat. Ibu yang bahagia, akan melahirkan anak yang bahagia. Sehingga kita bisa mempersiapkan generasi emas Indonesia.”


Baca juga : Tips Melahirkan secara SC dan Normal dengan Tenang dan Minim Sakit


Hal ini sejalan dengan program 1000 hari usia emas anak yang dimulai sejak masa kehamilan sampai usia anak dua tahun. Maka periode kehamilan ini sangat penting bagi tumbuh kembang anak. 

Jadi sobat rumahami, kehamilan itu tidak hanya sekedar menikah, hamil, menjalani kehamilan apa adanya, lalu melahirkan. Tidak begitu. Ada Tipsnya.




B. TIPS MENJALANI KEHAMILAN SEHAT DI SEMUA UMUR





Pak Agus Jatmika Soegiarto selaku CEO PT Kehamilan Sehat Sejahtera, memaparkan ada beberapa tips menjalani kehamilan sehat yaitu:


1.Mencari dan Membaca Sumber yang kredibel.


Suami istri harus rajin mencari info tentang kehamilan. Sumber dari internet bisa benar, tapi bisa juga salah. Alangkah baiknya pasangan suami istri mencari info selain dari web resmi, membaca buku yang kehamilan, juga dari hasil konsultasi dengan tenaga kesehatan yang ahli. Sobat rumahami bisa juga mencari info kehamilan di blog ini, dan di https://kehamilansehat.com.


2.Kontrol dan USG secara rutin ke dokter kandungan.


Kontrol kehamilan sangat dibutuhkan. Dengan kontrol, kita bisa konsultasi sekaligus USG untuk mengetahui perkembangan Ibu dan Bayi. 

Salah satu ciri kehamilan sehat, adalah menjalani USG minimal 4 kali selama hamil. Sekali di trimester pertama, sekali di trimester kedua, dan dua kali di trimester ketiga. 


Menurut bapak Agus Jatmika Soegiarto, USG punya peran penting yang berbeda di tiap trimester. Trimester pertama, untuk mengetahui     apakah kehamilan di dalam atau di luar kandungan. Trimester kedua, untuk melihat kondisi medis janin termasuk potensi Down Syndrome pada janin. Dan Trimester ketiga untuk melihat posisi dan pertumbuhan janin, termasuk pemeriksaan cairan ketuban.


See? USG itu penting banget demi kehamilan sehat, kan? Jangan menunda-nunda atau menggampangkan USG. Tidak USG dengan alasan gak sempat, adalah kesalahan fatal apalagi jika dananya ada. Bahkan jika dana terbatas, kita tetap harus USG ya. Untuk yang punya BPJS bisa USG. Yang tidak ada BPJS? Usahakan USG yuk! Karena pertumbuhan janin tidak bisa dilihat hanya dengan meraba-raba perut.


Aku jadi ingat seorang teman yang hamil anak kedua, tidak USG karena mengaku, tidak sempat di hari kerja. Dia  sebagai dosen. Qodarullah di hari H dia sama sekali tidak merasakan gerakan bayi. Karena bayi dalam perutnya sudah meninggal, hiks.


Nah, untuk kontrol kehamilan dengan pelayanan ramah dan terjangkau, sobat rumahami bisa datang ke klinik Kehamilan Sehat yang saat ini sudah ada 15 cabang di seluruh Indonesia. Dengan harga Rp 200.000, sobat sudah dapat konsultasi dengan SpOg dan USG 4D. Ini tergolong murah ya. Zaman aku dulu anak kedua sekitar sembilan tahun lalu di Medan, USG 4D dan konsul ke SpOG, sudah Rp 200.000,-.


3. Kehamilan anak pertama mendapat perhatian istimewa.

Kehamilan anak pertama menjadi istimewa karena kita belum punya pengalaman. Kadang orang sekitar memberi perhatian lebih bahkan ada juga larangan berlebih yang membuat ibu hamil jadi kurang gerak. Lingkungan bisa juga mendikte kita dengan banyak mitos. Nah, di kehamilan pertama, pasangan suami istri memang harus rajin mencari info seputar kehamilan sehingga informasi yang didapat sesuai ilmu kesehatan, bukan mitos.


Di klinik Kehamilan Sehat, teman-teman bebas bertanya seputar kehamilan dengan dokter kandungan, sehingga mendapat penjelasan yang sesuai kebutuhan.


Kehamilan di atas usia 40? Tetap bisa menjalani kehamilan sehat kok. Tidak perlu khawatir untuk teman-teman yang hamil di usia 40 ke atas. Dengan rajin kontrol, dan konsultasi ke dokter kandungan, teman-teman bisa menjalani kehamilan tanpa rasa panik. Tetap bisa beraktivitas seperti biasa, tapi di bawah pengawasan tenaga ahli.


4. Psikis Ibu Hamil juga Penting

Di klinik Kehamilan Sehat, dokter dan bidannya, selain menjaga kesehatan dari sisi medis, juga dari sisi psikis pasien. Pak Agus Jatmika Soegiarto, turun langsung dalam memberi konseling Hypnoterapy bagi pasien. Saat ini Pak Agus Jatmika Soegiarto sedang melatih tim konseling Hypnoterapy sehingga penanganan psikis bisa menjangkau lebih banyak pasangan suami istri.


5 Makanan yang Bergizi

Makanan yang bergizi, tak hanya berguna bagi Ibu hamil. Tapi juga bisa mencegah Stunting pada anak. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak. Stunting bisa dicegah sejak kehamilan. 


Satu fenomena unik adalah, stunting tak cuma ada di daerah tertinggal. Hari ini Stunting juga ditemukan di kota yang notabene warganya lebih update informasi, menengah ke atas, tapi pola makannya salah. To much junk food.


Sebagian kita mampu dan bisa saja makan junk food sehari-hari. Bagiku junk food sesekali boleh tapi jangan sering. 


Mari mulai makan makanan yang lebih bergizi, demi pertumbuhan janin kita, demi kehamilan sehat yang kita dambakan, dan demi masa depan pertumbuhan anak-anak kita.


6. Dukungan Suami

Pada poin ini sudah pasti ya. Buatnya berdua, ya dijaga berdua, didukung sejak hamil. Hamil itu adalah peristiwa luar biasa yang dialami wanita. Ia mengalami perubahan hormon dan bentuk tubuh yang dia tak pernah alami sebelumnya. Dia jadi lemah, yang dia sendiri tidak mau seperti itu. Dukungan suami adalah koentji. Suami juga yang perlu jadi backing istri saat istri direspon, positif atau negatif dari lingkungan sekitar. Hamil itu berat. Bener! Tapi akan jadi ringan bila Kau genggam tanganku erat. Uhui!



Demikianlah tips menjalani kehamilan sehat di segala umur, Ayah Bunda. Di atas segalanya, dan yang utama, mari kita berdoa agar kehamilan ini lancar, sehat selamat ibu dan bayi, ayah juga bahagia dan siap jadi suami siaga. Aamiin.



SHARE 15 comments

Add your comment

  1. Wah terima kasih banyak untuk artikel yang sangat bermanfaatnya.

    Iya saat hamil memang butuh perhatian khusus. Apalagi setiap kehamilan biasanya memiliki "tantangan" yang berbeda.

    Hal yang paling penting tahu batas. Kita mungkin merasa kuat, sanggup, bayi yang di dalam perut belum tentu.

    ReplyDelete
  2. Senangnya kini dengan berkembangnya teknologi informasi seputar kehamilan termasuk tips menjalani kehamilan sehat mudah ditemukan . Misalnya info kehamilan di blog ini, dan di kehamilansehat(dot)com. Kalau saya pas hamil 17 dan 14 tahun lalu...masih merujuk pada info tenaga kesehatan dan majalah parenting/kehamilan versi cetak

    ReplyDelete
  3. Setuju, ibu yang sehat melahirkan anak yang sehat pula. tentu saja tidak hanya sehat fisik tapi juga psikis. Kemarin teman usia kepala empat baru lahiran, alhamduliah sehat selamat. tetap menjalani hidup sehat, berolahraga dan berdoa tentu saja. terimakasih artikelnya

    ReplyDelete
  4. Terima kasih tipsnya. Menurut saya memeriksakan kandungan itu paling penting. Berkonsultasi sama dokter bikin pikiran lebih tenang, bisa tau bagaimana kondisi bayi dan apa yang baik untuk ibunya. Jadi nggak terlaly pusing mikirin omongan orang juga jadinya. Wkwk.

    ReplyDelete
  5. Wajib banget nih diketahui oleh banyak pasangan yang akan menjadi ayah dan ibu, maupun pasangan baru menikah, agar bisa menjalani kehamilan dengan lebih sehat dan bahagia

    ReplyDelete
  6. betul banget, harus ekstra perhatian saat hamil karena ada nyawa lain di tubuh kita. Mencukupi nutrisinya baik nutrisi rohani maupun jasmani adalah hal yang mutlak, terima kasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  7. Hamil harus sehat lahir batin, aku pun setuju. Sehat secara holistik ya...agar bayi merasa diterima juga kehadirannya kita persiapkan dg kebaikan

    ReplyDelete
  8. Dukungan suami itu sangat penting. Saya pernah merasakan bagaimana merasa hidup sendiri saat setelah melahirkan karena suami ada urusan dengan keluarganya. Semoga setiap kehamilan membawa pelajaran dan hikmah meski tak seindah harapan kita

    ReplyDelete
  9. Wah mba ilmu baru buatku, too much junkfood juga ngga baik yah ternyata dan bahkan bisa jadi sebab stunting itu sendiri

    ReplyDelete
  10. Ah uhui sekali quotesnya, hamil itu berat. Bener! Tapi akan jadi ringan kalau kita erat pegangan tangan.
    Memang sih kalau dijalani bersama jadi lebih ringan terutama psikis seorang ibu hamil. Berpengaruh ke janin dan fisik ibu

    ReplyDelete
  11. Tiap kehamilan memang punya cerita yang berbeda-beda, intinya rajin kontrol dan berdoa ya

    ReplyDelete
  12. Setuju banget kalau calon ibu itu harus rajin cari informasi. Selaian untuk menguatkan diri juga perbekalan kalau lingkungan tak mendukung. Faktor lain yang tak kalah penting adalah sehat mental. Masuk dalam ranah bahagia juga sih.

    ReplyDelete
  13. Nomor 6 ini penting banget, kerasa saat skrg saya lagi hamil bawaannya pengen dimanja melulu sama suami hehehe

    ReplyDelete
  14. Waduh kebetulan sekali aku lagi hamil muda, padahal usia ku udah 41 tahun. Mohon doa nya ya mba semoga bisa sehat dan kuat. Soalnya banyak info hamil di usia 30 tahunan ke atas sangat rentan.

    ReplyDelete
  15. Aku setuju saat hamil kondisi psikis dan makanan yang masuk harus dijaga supaya bumil tetap sehat

    ReplyDelete

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama. Untuk info bisa ke wa.me/+6287775640471

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting