Bisnis Jalan Terus, Keluarga Terurus.

in , by Rizka Amita Ridwan, July 21, 2022


Selamat datang lagi di Rumahami. Kali ini Mimin mau sharing seputar masih seputar bisnis. Adakah Sobat yang berjualan? Offline atau online? Punya berapa aplikasi di Hp? Satu atau banyak? Kalau banyak lalu HP jadi lemot, tos lah. Soalnya sama, wkwkwk.


Selain aplikasi banyak bikin HP lemot, bagi sebagian orang juga "wasting time'. Jangankan calon pembeli, kita sendiri tidak suka banyak aplikasi. Karena aplikasi harus dibuka satu persatu, berakibat kurangnya waktu mengurus keluarga.


Kabar baiknya, sekarang ada platform  yang bisa menghubungkan beberapa aplikasi sekaligus. Kamu tinggal kasih link-nya, konsumen tinggal klik-klik. Closing deh. Apa platform itu?



  1. Denny Santoso, Tribelio, dan Tribelio Page.

Denny Santoso adalah seorang pengusaha digital marketing Indonesia yang juga pendiri Tribelio. Pria kelahiran Malang 1978 ini adalah ayah tiga anak. Sempat mengalami hidup susah, Denny Santoso sudah berjualan CD Games saat SMA. Ia juga berjualan tinta, kartrid printer, menjadi freelancer, sampai akhirnya menjadi digital marketer yang sukses.


Pada 1999, Denny Santoso merintis bisnis suplemen kesehatan. Usaha suplemen kesehatan ini berkembang dengan unik. Denny Santoso menerapkan cara bisnis MCU, yaitu hook, story,  and offer. Di kemudian hari, bisnis suplemen ini berkembang pesat dan mengangkat perekonomiannya, mencapai ribuan reseller di seluruh Indonesia. Sobat Rumahami bisa lihat lebih jelas di www.dennysantoso.com, .


Tribelio adalah sebuah all in one Community Management Platform untuk pebisnis di Indonesia, individu maupun perusahaan. 

Sedangkan Tribelio Page adalah, sebuah platform yang bisa menggabungkan seluruh link artikel, video, website pribadi dan juga produk yang dijual dalam satu page

(www.tribeliopage.com)



Kebayang ya? Calon buyer tidak perlu klik banyak-banyak. Cukup sodorkan landing page,  orang bisa berubah, dari cuma tanya-tanya, jadi pembeli. Seller ga perlu bolak balik buka aplikasi ABCD. Belum mikirin anak,  mau ibadah, dan keluarga. Akibat terlalu banyak aplikasi yang dirawat, pemborosan waktu. Kalau punya landing page all in one, bisa lebih efisien. Bisnis jalan terus, keluarga  terurus.


Sekarang  orang juga tidak suka dikirimi banyak link. Mereka mau beli produk pun berupaya hemat waktu. Tinggal klik-klik, bayar,  barang datang.  



  1. Setelah Dapat Landing Page, Konsumen Butuh Jalinan Cerita.

Sobat rumahami ada yang pernah nonton film Thor, Captain America, Ms Marvell, atau film sejenisnya? Nah, film ini diproduksi oleh MCU atau Marvell Cinematic Universe. MCU adalah media waralaba Amerika Serikat dan jagat bersama yang berpusat pada serangkaian film superhero.


Coba perhatikan cara kerja MCU. Saat film Thor keluar, orang menonton bisa 1-2 kali. Jarang orang menonton film superhero sampai tiga kali. Setelah Disney memproduksi sebuah film superhero, maka akan bermunculan aneka souvenir dan merchandise superhero. Itu pun bukan produksi Disney. Ada juga produksi pihak lain. Dimana pihak lain ini membayar  lisensi ke Disney. Pihak lain ini bisa saja brand tertentu semisal restoran cepat saji, taman bermain, bioskop, bahkan perusahaan. 


Jualan MCU itu sebenarnya bukan film. Film adalah konten perkenalan. Jualan MCU adalah merchandise tadi. Kenapa pihak lain ikut jual merchandise Disney? Agar produknya ikut terjual bersama produk MCU, yang sudah jelas pasarnya. Sederhananya, orang yang beli merchandise Thor adalah orang yang pernah nonton film Thor. Orang yang beli kostum Ms Marvell ori, karena mereka pernah lihat Kamala Khan, si gadis energik di Ms Marvell. 


Mengadaptasi cara kerja MCU, Denny Santoso membuat jalinan cerita. Jalinan cerita itu dibutuhkan calon buyer agar mereka punya alasan terlibat di dalamnya, lalu membeli. Cara ini sebenarnya hanya pola hook, story, and offer. Tetapi pola hook, story, and offer seseorang yang merintis usaha dari nol lalu berhasil, patut ditiru. Seperti yang kamu mulai. Iya, kamu!



C. Darimana Denny Santoso Mulai jalinan cerita ?



  1. Mulai dari customer Journey



Tipe orang itu ada yang clueless. Ini adalah tipe yang belum tahu bisnis,  tidak tahu jualan apa, tapi ingin tahu. Mereka ada di sekitar, Kalau kita adalah tipe yang clueeless, tetap berpeluang besar untuk maju. Caranya simpel. Gabung ke jointribehacker.com, pelajari pelan-pelan, pelajari polanya. Setelah kamu simak lalu kamu tertarik, sebagai langkah awal membentuk universe kamu bisa baca 'Content Creator Black Book'. 



  1. Buat Database


Setelah jadi content creator maka buatlah story. Semakin banyak story yang bermanfaat maka semakin banyak follower. Follower ini bisa dijadikan database atau prospek untuk jualanmu.



  1. Jadilah Mastermind


Arti mastermind adalah dalang, perencana, dengan lecerdasan yang luar biasa. Ketika Denny Santoso menyiapkan Tribelio, dia tidak hanya menyiapkan 'next' dari Tribelio. Tapi Denny Santoso juga menjadi mastermind dengan menyiapkan hal-hal paralel yang bisa dilakukan sejalan. Ibarat MCU. Sebuah film produksi MCU pasti punya mastermind. Si mastermind ini sudah menyiapkan film lama sebelum film dirilis. Promo juga dilakukan paralel di beberapa platform



  1. Pelajari Tribelio 


Denny Santoso berharap, dengan mempelajari Tribelio, akan berguna bagi perkembangan bisnis anda. Karena buku 'Content Creator Black Book' is not just a book



  1. Kita perlu trigger atau pemicu.


Bisnis ala MCU, membuat orang-orang berfikir, bisakah bisnisku seperti itu? Maka jawabannya, bisa! Awal Denny Santoso merintis bisnis suplemen, Denny juga menyiapkan event, konten, majalah, liputan di sport magazine, dan road show.  Jadi ketika Denny Santoso buat produk, Denny Santoso juga siapkan semua. Denny Santoso siapkan universenya. 


Membaca kisah Denny Santoso, bagi kita memunculkan trigger, universe produk kita seperti apa? Yang pasti, universe itu harus seru, emosional, berprogress, bermanfaat, dan akhirnya, menjadi universeBukunya ada, grup disediakan, langkahnya terukur, lengkap! Siap meniru cara Denny Santoso? Tentu siap. Supaya bisnis jalan terus, keluarga terurus.






SHARE 0 comments

Add your comment

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama. Untuk info bisa ke wa.me/+6287775640471

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting