Tips Kulit Sehat, Awet Muda, dan Cantik ala Korea

in , by Rizka Amita Ridwan, July 15, 2022

  1. Apa itu Cantik ala Korea?


Assalamu'alaikum. Apa kabar? Semoga baik-baik saja. Walau harga cabe bawang naik tapi kulit tetap sehat, hati tetap tenang, doa  selalu, ya kan? Hati yang tenang adalah obat. #eaa!


Kali ini rumahami mau sharing perihal kulit sehat dan cantik ala Korea, yang jadi dambaan laki-laki dan perempuan. Kalau sobat rumahami perhatikan di Korea, kenapa artisnya suka pakai make up minimalis? Itu karena kulitnya dirawat jadi sehat dan glowing. Kalau kulit sehat, make up tipis saja sudah cantik. Tidak perlu tebal-tebal yang bikin orang pangling sampai tidak kenal kita. Maksud cantik ala Korea disini adalah, kulit yang sehat dengan make up sewajarnya. 



Hari ini, kulit yang sehat itu, cerminan hidup juga. Kok bisa? Iya, mari kita simak penjelasan Bapak Alwin Liily, Managing Partner dari IB Clinic Indonesia.



IB Clinic adalah salah satu klinik kecantikan ala Korea yang fokus ke perawatan kulit wajah dan hair treatment. Menggunakan mesin Hi Tech dan beautician terlatih yang buat kita betah perawatan di sana.


Lalu apa saja tips gaya hidup sehat, bagi pria dan wanita? Ini tips dari Bapak Alwin Lily. 


  1. Ke dokter di klinik kecantikan terdekat.

Sekarang, klinik kecantikan ada di mana-mana di seluruh Indonesia. 

Untuk sobat rumahmi yang tinggal di Bandung, bisa ke IB Clinic ya.

Ada tiga cabang di Bandung. Yaitu di Gatot Subroto, Paskal, dan Sukajadi.  

Kalau daerah Tasik, bisa search IB Clinic Jl. Tentara Pelajar.


  1. Jangan banyak obat-obatan.

Obat-obatan untuk penyakit apapun, sebaiknya atas resep dokter. Jangan minum obat bebas. 

Mencari obat dengan resep dokter sebenarnya tidak sulit. Teman-teman datang ke puskesmas atau klinik terdekat, lalu konsultasi sesuai keluhan. Masih banyak jalan untuk mendapat pemeriksaan dokter dengan tarif terjangkau, bahkan gratis.

Selain resiko ketidaksesuaian antara obat dan penyakit, pemakaian obat sembarang bisa menyebabkan kerusakan kulit.


  1. Jangan begadang.

Kalau kata Bang Rhoma jangan begadang, percayalah itu karena ada efeknya. 


Kulit kusam, badan lemas, mata panda, mudah lelah, itu salah satu efek begadang. Cek juga apa aktivitas yang kamu lakukan sampe kamu begadang. Kalau cuma buat nonton, main game, lihat marketplace ga checkout-checkout, mulai sekarang kurangi ya? Itu tidak baik untuk kesehatan kantong, tubuh, dan kulitmu. Gunakan uangmu untuk hal yang lebih bermanfaat. Perawatan misalnya.


  1. Sunblock

            Sunblock bisa melindungi wajah dari paparan sinar matahari.

Sunblock dipakai beberapa kali dalam sehari. Misal keluar rumah jam tujuh pagi. Jam sepuluh jelang siang pakai lagi. Di dalam ruangpun perlu pakai sunblock. Karena sinar matahari yang menerobos dari jendela, punya sinar UV, sehingga wajah jadi flek hitam.


  1. Jangan tergiur kosmetik abal-abal.

             Mau putih, minum obat pemutih. Mau kurus,

minum pelangsing.

Sobat, tubuh kita ini unik. Tiap orang berbeda sesuai genetik dan kebiasaan. Kosmetik abal-abal yang dijual bebas tanpa izin BPPOM, tidak jelas komposisinya. Apapun ceritanya, yang instant itu akan berefek samping.


  1. Rajin Olahraga

Olahraga yang teratur, membuat kita menghirup lebih banyak oksigen. Oksigen, membuat daya tahan tubuh meningkat, meregenerasi sel-sel lebih baik, jadi awet muda. Dengan olahraga, kita lebih sehat. Atas izin Tuhan, bisa mendampingi keluarga lebih lama. Olahraga tak cuma membuat kulit sehat, tapi lebih dari itu. Tidak sempat? Yuk sempatin. Sepuluh menit sehari sudah cukup. Di awal awal kita tumbuhkan habit dulu. Nanti kalau sudah rajin 4-5 kali seminggu, naikkan intensitas pelan-pelan. Apapun yang baik harus dibiasakan ya. Kalau dalam sehari kita punya waktu 1-2 jam scrolling sosmed, artinya kita punya waktu sepuluh menit sehari untuk olahraga.


  1. Rajin minum air putih.

Selain untuk kesehatan badan, air putih yang cukup juga menjaga kelembaban kulit.




B. Kenali Bahan Berbahaya di Kosmetik Abal-Abal.



Kosmetik abal-abal adalah kosmetik yang menawarkan solusi instant 1-2 kali pake langsung berhasil, padahal itu karena kandungan bahan kimia berbahaya di dalamnya mengelupas kulit. Mengutip dari web pom.go.id, ada beberapa bahan berbahaya yang dimasukkan ke kosmetik abal-abal, yaitu :



  1. Merkuri, bahan pemutih  kulit yang karsinogenik (menyebabkan kanker) dan teratogenik  (mengakibatkan cacat pada janin). 


  1. Asam Retinoat, pengelupas kulit kimiawi (peeling), bersifat teratogenik. Setelah pakai kosmetik abal-abal, kita pikir kulit kita glowing, padahal kulit kemerahan itu karena terkelupas, hiiiy!


  1. Hidrokinon, bahan pencerah yang selain menyebabkan iritasi kulit, juga menyebabkan ochronosis (kulit kehitaman) yang mulai terlihat setelah 6 bulan penggunaan dan bisa bersifat irreversible (tidak dapat dipulihkan).


  1. Bahan pewarna Merah K3 dan Merah K10, ada pada lipstik, pemulas kelopak mata, dan perona pipi). Kedua zat warna ini bersifat karsinogenik.


Baca empat poin ini sudah deg degan. Maka jangan coba kosmetik abal-abal pemberi solusi instan. 


Jadi teman-teman. Mau kulit sehat dan cantik ala Korea itu, memang perlu usaha. Kalau kemudian butuh dana ya tidak apa-apa.  Jika untuk HP saja kita cari yang bagus. Kenapa untuk kulit yang kita pakai 24 jam sehari seumur hidup, kita tidak rawat? Harus ya? Mari kita mulai gaya hidup sehat untuk dapat kulit sehat, awet muda, glowing, dan cantik ala Korea. 








 

SHARE 0 comments

Add your comment

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama. Untuk info bisa ke wa.me/+6287775640471

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting