Kenapa bayi minta ASI terus? Apa ASI-ku kurang?

in , by Rizka Amita Ridwan, Oktober 31, 2022

 


"Kenapa bayi minta ASI  terus? Berulang kali sampai Moms tidak bisa bergerak? Apa ASI-ku kurang? Apa perlu tambah sufor?" Pertanyaan ini sering diajukan ibu-ibu baru. Baru bukan karena baru punya anak pertama. Tetapi bisa juga baru punya anak ASI di anak kedua, ketiga. Dan anak sebelumnya minum susu formula.


Tidak apa-apa ya Moms. Namanya kita belajar. Di sini Mimin mau sharing seputar ASI. Kita perlu tahu perbedaan karakteristik ASI dan susu formula.  Dari perbedaan maka bisa dijawab pertanyaan di atas. 



Konsultasikan ke nakes/ konselor ASI terdekat jika Moms merasa kesulitan menyusui. Di sini kita  terbuka.  Tidak perlu sedih jika belum berhasil ASI. Toh anak Mimin juga sempat susu formula sampai kemudian relaktasi.


Yuk kita mulai dari karakteristik susu formula.


  1. Susu Formula.


  1. Kebutuhan susu tiap makhluk hidup berbeda spesifik. 

      Susu formula berasal dari    susu sapi. Karena asalnya beda, maka  fungsinya beda.

        Komposisi   susu sapi, kambing, dan kuda berbeda karena bayi hewan itu butuh

         segera bisa jalan setelah lahir.


  1. Komposisi Susu formula juga mengandung banyak sekali vitamin dan mineral. Tapi vitamin dan mineral yang ada di susu formula bersifat tambahan. Istilahnya fortifikasi. Sesuatu yang bersifat tambahan, tidak akan bisa menyamai  yang alami.


  1. Susu formula dibeli dengan biaya tertentu. Tidak semua orang mampu membeli. Pemberian susu formula yang encer meningkatkan resiko kurang gizi pada bayi. (Buku Inisiasi Menyusu Dini oleh dr. Hj. Utami Roesli, SpA.,MBA., IBCLC.


  1. Susu formula lebih lama diserap tubuh bayi. Karena itu bayi tidak sering minta susu. Tidur lebih lama. Bayi yang minum susu formula dan tidur lebih lama harus diwaspadai. Itu karena lambungnya bekerja lebih keras menyerap susu formula. Untuk kesediaan juga butuh waktu. Perlu botol yang steril dan cocok untuk bayi. Butuh sabun pencuci botol khusus. Proses ini memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit.  Ketika sepasang suami istri sepakat untuk memberi susu formula pada bayi, maka mereka harus siap dengan alokasi waktu, biaya, dan efek kesehatan lain. Jika tidak siap maka harus mau berjuang demi ASI. 


  1. Pemberian susu formula meningkatkan resiko obesitas karena selain kadar lemak tinggi, juga tersaji dalam porsi lebih untuk bayi. Ditambah susu formula sulit diserap tubuh. 



  1. Air Susu Ibu (ASI)


  1. ASI adalah cairan hidup yang diproduksi sesuai kebutuhan bayi. ASI yang dihasilkan saat bayi sakit akan berbeda dengan ASI yang dihasilkan saat bayi sehat. ASI yang dihasilkan pada bayi umur delapan bulan akan berbeda dengan ASI yang dihasilkan waktu bayi baru lahir. Dan keajaiban ini atas izin Tuhan,  dihasilkan oleh satu ibu untuk satu atau lebih anaknya. 


  1. Ukuran lambung bayi kecil dan ASI terserap sempurna. 

Selama ibu makan minum yang cukup maka akan menghasilkan ASI bergizi. Karena lambung cepat kosong setelah minum ASI, bayi akan bolak balik minta ASI. Di poin ini sebenarnya menjadi jawaban kenapa bayi ASI harus sering disusui. 

Bayi ASI memang sering minta disusui. Tetapi itu bukan indikasi ASI sedikit sehingga menambah susu formula.  Bukan ya Moms. Tidak ada bayi ASI yang langsung tidur dengan sekali meyusu ke ibunya. Bisa berkali-kali. 


  1. Begitupun  tetap ada bayi ASI yang sering disusui baru kenyang. Tapi ada juga bayi ASI yang minta ASI tidak sesering bayi lainnya, dengan catatan Bb bertambah tetap sesuai umur. Ini berhubungan dengan kapasitas penyimpanan ASI di payudara Ibu. Ada Ibu dengan payudara berkapasitas penyimpanan ASI besar sehingga sekali menyusu, bayi dapat banyak ASI langsung kenyang. Ada juga ibu dengan kapasitas penyimpanan kecil sehingga bayi sekali ASI dapat sedikit tapi dia akan minta lagi dan lagi. Selama pertambahan BB bayi aman, ini bukan masalah.


  1. Moms tidak perlu memikirkan apakah payudara Moms berkapasitas besar atau kecil. Karena tugas kita sebagai ibu dan ayah adalah memastikan si bayi dapat ASI. Kapasitas penyimpanan ini tidak ada hubungannya dengan ukuran payudara ya Moms. Sebagaimana tidak ada korelasinya antara badan bunda gemuk/kurus maka ASI banyak/sedikit. 


  1. ASI terlahir dari ibu yang mendapat dukungan suami. 

ASI akan mengalir jika ibu disayangi, diperhatikan, dibantu, dan didoakan oleh orang-orang sekitar.

Dukungan orang sekitar ini berbeda-beda sesuai kesanggupan ya Moms. Jangan kita bandingkan suami kita dengan suami orang.

Jangan kita bandingkan suami kita yang mendukung istri dengan membantu pekerjaan rumah dan membelikan nasi padang, dengan seleb yang memberi istrinya hadiah mobil.

Dukungan orang sekitar tidak harus mewah. Dibantu mencuci piring sudah Alhamdulillah.

Sayangnya dukungan orang sekitar tidak hadir setiap saat. Namun yakinlah selama suami mendukung, hujan badai bisa dilewati.

Jadi buat para suami, ASI itu tidak disulap ya. Jangan tahunya memaksa anak ASI tapi kita tidak membantu sama sekali. Bikinnya berdua, ngurusnya bersama, eh.



Demikian sedikit penjelasan kenapa bayi minta ASI terus. Bayi ASI harus menyusu berulang kali baru kenyang. Dan ini bukan tanda-tanda ASI kurang. Ini justru tanda bahwa tubuh kita menghasilkan ASI yang cukup untuk bayi. ASI itu tidak perlu banyak. Yang penting cukup.


Referensi:

1. Yes, You Can. Diari ASI Ibu Baru dan Perjuangan Menghadapi Babyblues. Rizka Amita, Bitread 2017 (versi cetak), dan Gramedia (e-book, 2017).

2. Inisiasi Menyusu Dini Plus ASI Eksklusif. dr. Hj. Utami Roesli, SpA., MBA., IBCLC, Pustaka Bunda, 2008.

3. Buku Pintar ASI dan Menyusui, F.B. Monika. Noura Books, 2014.















SHARE 10 comments

Add your comment

  1. Kadang ibu baru blm bs memahami bahasa tangisan bayi.
    Semangaattt, semoga ibu2 bs meng-ASI-hi buah hati

    BalasHapus
  2. Anak yang diberi ASI cenderung lebih sehat. Daya tahan tubuhnya lebih kuat daripada hasil asupan susu formula.

    BalasHapus
  3. Memang edukasi tentang ASI masih belum merata. Kebingungan ibu yang menyusui masih sering ada. Mengapa bayinya minta ASi terus..dan penjelasan di artikel ini bisa menjelaskan alasannya. Saya sendiri dua anak ASI eksklusif dan lanjut sampai 2 tahun ASI, Alhamdulillah

    BalasHapus
  4. eh ya Allah ini kok bener banget yaa hahah dia kayak ngga bisa ngekontrol kalau udah kenyang gituu jadinya nampaknya emang minta ASI terus gitu yaa mba.. dlu anakku juga begituu

    BalasHapus
  5. Pernah tahu juga Mbak, selain manfaat ASI yang dituliskan Mbak di atas, jangan lupa setelah bayi menyusu harus disendawakan terlebih dahulu minimal 30 menit (aku juga baru tahu). Cara menyendawakan dengan cara menelungkupkan tangan lalu elus dari punggung bawah keatas bayi, ada juga teknik menyendawakan lainnya juga. Karena ibu baru, taunya bayi nangis kalau gak haus ya pipis, ngompol dan yang terlupakan ni adalah perut kembung karena seringnya nenen. So, jangan lupa menyendawakan bayi habis nenen

    BalasHapus
  6. Dulu sempat mikir gitu, trus dijelaskan sama konsultan menyusui waktu di rumah sakit kalau itu wajar. Cuma bagian keselnya itu orang tua yang kolot selalu judging ASI kurang

    BalasHapus
  7. Setuju mbak
    Asi itu dinamis, selalu menyesuaikan dengan kebutuhan bayi
    Bayi g akan kekurangan asi selama posisi dan pelekatan saat menyusuinya benar

    BalasHapus
  8. ASI itu luar biasa sekali. Dia seperti teman ibu dan bayi. Saya heran kenapa sekarang orang pada malas memberikan ASI, entah takut payudara kendor atau malas pumping buat yang kerja. Hebat loh ibu bekerja tapi tetap full ASI

    BalasHapus
  9. Pwrnah ngalamin ini juga mbak, perasaan bayi udah minum banyak sampai gumoh, kok masih mau nen terus apa asiku kurang, ternyata anak sedang growth spurt hihihi

    BalasHapus
  10. Belum jd ibu nih jd belim tau soal asi mengasihi, dr artikel ini aku jd ada ilmu jd bisa lebih paham lagi nanti kalau idah punya anak

    BalasHapus

Terimakasih telah singgah di rumahami. Mohon tidak meninggalkan link di kolom komentar. Admin menerima endorse dan kerjasama.

© Tempat Lihat Suka Suka · Designed by Sahabat Hosting